Acuhkan Anjuran di Rumah, Peta Ini Tunjukan Banyak Orang yang Bepergian

Selasa, 31 Maret 2020 - 09:01 WIB
Acuhkan Anjuran di Rumah, Peta Ini Tunjukan Banyak Orang yang Bepergian
Acuhkan Anjuran di Rumah, Peta Ini Tunjukan Banyak Orang yang Bepergian
A A A
JAKARTA - Penyebaran virus corona Covid-19 yang semakin masif, membuat pemerintah dan organisasi keseharan di seluruh dunia mengimbau agar masyarakat tetap tinggal di dalam rumah.

Langkah ini untuk mengisolasi diri kita sendiri, yang mana bisa menekan penyebaran virus yang sangat sulit diprediksi.

Dengan begitu, kita memberikan kesempatan kepada peneliti, dokter, perawat, dan petugas kesehatan untuk menemukan obat, vaksin, serta untuk mengurangi beban mereka.

Namun, tampaknya meskipun ada imbauan untuk tetap di rumah, heat map (peta panas) baru-baru ini menunjukkan bahwa di Amerika Serikat masih banyak orang yang bepergian dan bergerak di tengah pandemi corona, demikian dilansir laman Ubergizmo, Senin (30/3/2020).

Heat map ini dihasilkan oleh Tectonix berdasarkan data lokasi ponsel yang dikumpulkan oleh X-Mode.

Menurut X-Mode, mereka mengklaim bahwa data ini telah dianonimkan, yang berarti bahwa lokasi ponsel tidak terkait dengan identitas pengguna, dan itu hanya untuk menunjukkan lokasi.

Tectonix kemudian mengambil data itu dan membuat peta, di mana mereka secara khusus menemukan perangkat yang terdeteksi bergerak antara 3 mil hingga 10 mil per jam. Hal itu menunjukkan orang-orang yang bergerak dengan sepeda atau skuter.

Meskipun agak mengkhawatirkan, peta ini bisa digunakan unutk pihak berwenang memantau lebih jauh lagi kemungkinan penyebaran virus ini.

Sementara di Uni Eropa, para pejabat terkait memiliki wewenang terhadap operator untuk menggunakan data lokasi guna membantu melacak penyebaran virus. Juga dapat membantu melacak kontak dan menjangkau mereka yang terinfeksi sebelum mereka menyebarkan virus lebih jauh lagi.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6997 seconds (0.1#10.140)