Konsultasi Covid-19 Kini Bisa Lewat Aplikasi GoJek dan Grab

Senin, 23 Maret 2020 - 16:30 WIB
Konsultasi Covid-19 Kini Bisa Lewat Aplikasi GoJek dan Grab
Konsultasi Covid-19 Kini Bisa Lewat Aplikasi GoJek dan Grab
A A A
JAKARTA - GoJek dan Halodoc menjalin kerja sama menghadirkan pelayanan telemedicine untuk cek Covid-19. Kolaborasi ini juga memperkuat upaya Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam menangani pandemi di Tanah Air.

Cara yang dilakukan kedua platform digital itu adalah memberikan akses kepada masyarakat, untuk berkonsultasi dengan dokter secara daring mengenai kondisi kesehatan dan gejala virus corona, tanpa perlu keluar rumah.

Bila memiliki gejala Covid-19, pengguna dapat berkonsultasi dan dibantu mendapatkan jadwal tes Covid-19 di rumah sakit rujukan pemerintah. Layanan konsultasi dokter umum khusus Covid-19 ini gratis dan bisa diakses melalui aplikasi GoJek maupun Halodoc.

Layanan ini juga sebagai upaya mendukung pemerintah agar lebih fokus menanganj pasien Covid-19 dengan gejala menengah-parah, yang membutuhkan perawatan di rumah sakit.

Pemerintah baru-baru ini melaporkan telah terjadi lonjakan pasien di banyak rumah sakit, akibat semakin mewabahnya virus corona di Tanah Air. Lonjakan itu belum termasuk jumlah masyarakat yang juga berbondong-bondong ingin memeriksakan diri.

Kolaborasi antara pemerintah dan swasta perlu terjalin dalam menghadapi pandemi Covid-19. Tujuannya, agar lonjakan pasien tersebut tidak terjadi semakin parah yang membuat petugas medis kewalahan.

“Solusi telemedicine yang ditawarkan sangat membantu sistem kesehatan Indonesia dalam menyaring pasien dengan risiko Covid-19,” kata Oscar Primadi, Sekjen Kemenkes, usai penandatangan MoU kerja sama, saat konferensi pers secara streaming, Senin (23/3/2020).

Shinto Nugroho, Direktur Kebijakan Publik & Hubungan Pemerintah Gojek, mengatakan, layanan ini tidak hanya untuk warga Jabodetabek saja, tetapi bisa diakses di seluruh Indonesia.

“Teman-teman di timur (Indonesia), juga berhak mengetahui kondisi kesehatan mereka,” kata Shinto, di tempat yang sama.

Pada kesempatan yang sama, Grab dan Good Doctor juga menjalin kolaborasi serupa dengan pemerintah. Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia, menuturkan, sebelum wabah Covid-19 terkonfirmasi positif di Indonesia, pihaknya telah menjalin komunikasi intensif dengan badan pemerintah sebagai upaya antisipasi dini.

“Melalui fitur Grab Health, masyarakat bisa berkomunikasi langsung dengan para dokter di Good Doctor. Kami membantu agar para pasien bisa self isolasi,” tutur Neneng.

Selain itu, Grab juga menyediakan armada khusus layanan transportasi dan pengiriman (GrabCar, GrabBike, GrabExpress, dan GrabFood), untuk para tenaga medis di faskes terpilih.

"Kami juga memberikan edukasi untuk menangani pencegahan Covid-19, dan memberikan ribuan masker dan hand sanitizer kepada driver di seluruh Indonesia," tandas Neneng.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7806 seconds (0.1#10.140)