Menkominfo-Operator Antisipasi Lonjakan Data Karena Virus Corona

Senin, 16 Maret 2020 - 18:25 WIB
Menkominfo-Operator Antisipasi Lonjakan Data Karena Virus Corona
Menkominfo-Operator Antisipasi Lonjakan Data Karena Virus Corona
A A A
JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate menyatakan telah melakukan rapat koordinasi dengan operator seluler dan platform digital. Rapat koordinasi ini terkait pandemik Corona di Indonesia.

Dari rapat tersebut ada beberapa hal yang menjadi kesepakatan antara pemerintah dengan operator seluler dan platform digital. "Menindaklanjuti arahan Presiden, kami sepakat mendukung kebijakan Presiden Jokowi untuk mendukung masyarakat agar bisa bekerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah atau saat ini dikenal dengan social distancing," kata Johnny dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (16/3/2020).

Dukungan ini antara lain berupa penambahan bandwidth dan kualitas layanan yang baik. Selain itu, juga terus menangkal informasi hoax yang beredar di internet.

Untuk penambahan bandwidtch, Johnny menyebut, itu bukan hal baru bagi para penyedia layanan seluler. Para operator kerap melakukannya untuk hari raya, acara-acara nasional, serta dalam penanganan bencana.

"Ini sudah biasa dilakukan seperti saat hari raya, atau event nasional bahkan internasional. Bahkan pada saat-saat tertentu apabila ada bencana, juga deployment untuk mendukung infrastruktur yang memadai, itu sudah biasa dilakukan," tutur politikus Partai NasDem itu.

Para operator seluler pasti sudah menghitung betul berapa lama dampak dari kasus ini. Dalam kaitannya itu, operator seluler juga sudah mengetahui kapasitas dari masing-masing yang tersedia. "Optimum use berapa dan traffick paling tinggi di mana, secara teknis akan dilakukan penyelenggara," ujar Menkominfo.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9311 seconds (0.1#10.140)