iPhone 11 Pro Ditemukan Kumpulkan Data Lokasi Pengguna

Jum'at, 06 Desember 2019 - 06:02 WIB
iPhone 11 Pro Ditemukan Kumpulkan Data Lokasi Pengguna
iPhone 11 Pro Ditemukan Kumpulkan Data Lokasi Pengguna
A A A
CUPERTINO - Apple mengumumkan iOS 13 dengan pengaturan privasi yang ditingkatkan. Namun kenyataannya iPhone 11 Pro masih melacak posisi pengguna meski Location Services dimatikan.

Adalah perusahaan keamanan Kreb yang mengungkap hal tersebut. Mereka mendapati iPhone 11 Pro tetap melakukan ping modul GPS-nya untuk mengumpulkan data lokasi dan tanpa menyembunyikannya.

Mengacu pada kebijakan privasi milik Apple, iPhone memang akan secara berkala mengirimkan lokasi di titik WiFi atau menara seluler dalam ebntuk anonim dan terenkripsi.

Apple menyatakan hal tersebut dapat dimatikan secara sistematis per aplikasi. Tapi, temuan Kerbs ini malah mendapati sebaliknya, demikian dilansir dari GSM Arena, Kamis (5/12/2019).

Dari video yang mereka unggah, terlihat meski sudah di matikan Location Service per aplikasi, mematikan penerimaan data, GPS masih terus melakukan ping ke server secara misterius ketika kembali online.

Dalam sebuah pernyataan, seorang insinyur perusahaan mengungkapkan perusahaan tidak melihat risiko keamanan. Ikon panah yang muncul saat Location Services diaktifkan adalah hal yang wajar.

Ikon itu pun bisa muncul saat Location Services dinonaktifkan. Karena ada layanan sistem yang tidak memiliki tombol switch di Settings.

Ini lah yang menimbulkan pertanyan, apakah Apple menyembunyikan sesuatu dari penggunanya karena ada fitur yang tidak dapat dimatikan.

Sejauh ini, Apple masih belum memberikan keterangan lebih lanjut soal temuan dari Krebs ini.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7898 seconds (0.1#10.140)