Palo Alto Networks Prediksi IoT Bisa Jadi Ladang Ranjau Keamanan

Selasa, 03 Desember 2019 - 17:34 WIB
Palo Alto Networks Prediksi...
Palo Alto Networks Prediksi IoT Bisa Jadi Ladang Ranjau Keamanan
A A A
JAKARTA - Palo Alto Networks mengundang rekan-rekan media untuk membahas mengenai 'Cybersecurity Predictions 2020' di kantor Fortice - Senayan Sentral II, Jakarta Selasa (3/11/2019).

Kevin O'Leary selaku Field Chief Security Officer Palo Alto Networks untuk Asia Pasifik memaparkan beberapa prediksi keamanan siber tahun 2020. Salah satunya ialah IoT (Internet of Things) yang bisa jadi ladang ranjau bagi keamanan.

Casagras (Coordinator and support action for global RFID-related activities and standadisation) mendefinisikan IoT sebagai sebuah jaringan global yang menghubungkan benda-benda fisik dan virtual melalui eksploitasi data capture dan kemampuan komunikasi. Alexa dan Google Home merupakan salah satu contoh dari IoT.

Dalam presentasinya, Kevin memaparkan perangkat nirkabel yang kita gunakan memungkinkan untuk menyambut lebih banyak pengunjung, salah satunya ialah malware. Sejumlah piranti terkonek seringkali dipasarkan tanpa dibekali fasilitas untuk pembaruan peranti lunak dan tambalan keamanan, sehingga rentan dieksploitasi tatkala ditemukan celah baru.

Director of Systems Engineering Palo Alto Networks Indonesia, Yudi Arijanto juga menyampaikan bahwa malware Mirai botnet menyerang perangkat-perangkat IoT.

"Kita melihat, Mirai ini masih dilengkapi oleh senjata-senjata baru sehingga dapat menyerang perangkat-perangkat yang lain" ujarnya. Oleh sebab itu perangkat terkoneksi perlu ditingkatkan dan diperbarui lagi kondisinya agar tetap aman.

Diprediksikan pula di tahun 2020 edukasi mengenai keamanan siber bagi masyarakat akan makin gencar digalakkan, seiring dengan makin membanjirnya perangkat-perangkat terkoneksi, serta tingginya tingkat pengadopsiannya. (AUZA ASYANI)
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9903 seconds (0.1#10.140)