OttoPay Kembangkan Aplikasi Pembayaran QR

Rabu, 13 November 2019 - 11:02 WIB
OttoPay Kembangkan Aplikasi Pembayaran QR
OttoPay Kembangkan Aplikasi Pembayaran QR
A A A
JAKARTA - OttoPay sebuah aplikasi pembayaran non tunai melalui media kode QR yang diperuntukan bagi pedagang dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM,) mengembangkan kerja sama dengan berbagai bank yang memiliki aplikasi pembayaran digital agar dapat mengakomodasi konsumen yang saat ini memiliki pilihan bertransaksi dengan bermacam-macam aplikasi dan merupakan nasabah berbagai bank yang berada di Indonesia.

Langkah OttoPay yang bergerak dalam industri fintech yaitu mengembangkan kolaborasi dengan pihak perbankan, untuk bersinergi membangun cashless society di Indonesia. Kerjasama yang baru saja dilakukan oleh OttoPay yaitu dengan aplikasi pembayaran digital ONe Mobile dari bank OCBC NISP, dengan adanya kerjasama ini tentunya dapat memperluas bisnis karena memberikan lebih banyak pilihan aplikasi pembayaran digital dari sisi pembeli dan keuntungan bagi pihak bank dapat menjangkau lebih banyak nasabah.

Direktur PT Reksa Transaksi Sukses Makmur, Budi Hartono, menjelaskan, “Sesuai dengan misi kami, yaitu membangun ekosistem dan solusi pembayaran digital yang terintegrasi, maka kami berupaya mengembangkan kerja sama dengan berbagai pihak, . Hal ini kami lakukan tidak hanya melalui media kode QR,”.

Dalam rangka penerapan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang dilakukan Bank Indonesia, mulai Desember 2019 kode QR yang digunakan oleh OttoPay akan mengikuti standarisasi Quick Response Indonesia Standard (QRIS) sesuai arahan Bank Indonesia. QRIS memungkinkan semua pemain dompet digital atau pelaku industri sistem pembayaran, baik bank maupun fintech dapat membaca satu kode QR yang ada pada pedagang, sehingga para pedagang tidak perlu memiliki banyak kode QR berbeda dari masing-masing aplikasi pembayaran digital.

Keuntungan bertransaksi digital, selain dapat menghemat waktu, karena pelanggan hanya perlu memindai kode QR saja, pedagang tidak perlu repot mencari uang kembalian, selain itu penggunaan kode QR juga dapat meminimalisasi atau mengurangi antrean pelanggan. Setelah dilakukan pembayaran melalui scan kode QR, nominal uang akan diterima langsung oleh pedagang melalui aplikasi ataupun rekening bank.

Saat ini ada 1,2 juta warung Mitra OttoPay yang tersebar di Indonesia, dimana Mitra OttoPay ini tidak hanya terdapat di kota-kota besar tapi juga menjangkau kota kedua hingga kota ketiga sehingga dapat mendukung peningkatan produktifitas UMKM hingga ke pelosok. Diharapkan hingga akhir tahun 2019, jumlah Mitra OttoPay meningkat hingga 1,3 juta.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8815 seconds (0.1#10.140)