Selandia Baru Dapat Serangan Besar-Besaran Dunia Maya

Kamis, 30 Mei 2019 - 10:01 WIB
Selandia Baru Dapat Serangan Besar-Besaran Dunia Maya
Selandia Baru Dapat Serangan Besar-Besaran Dunia Maya
A A A
JAKARTA - Pemerintah Selandia Baru menghadapi 'serangan dunia maya yang sistematis dan khusus' yang mengakibatkan kebocoran keuangan yang memalukan menjelang perundingan anggaran minggu ini.

Menteri Keuangan Gabriel Makhlouf mengatakan dia telah merujuk masalah ini ke polisi atas saran dinas intelijen.

Dia mengatakan para peretas menyerang sistem pemerintah 2.000 kali dalam 48 jam dengan menyaksikan mereka mendapatkan dokumen terkait anggaran yang tidak dirilis hingga Kamis.

"Para peretas dapat menembus dan memperoleh beberapa informasi tidak semua anggaran," katanya kepada Radio Selandia Baru hari ini.

Menjadi salah satu pelanggaran pertama keamanan terbesar di tahun 2019, aset digital Cryptopia exchange yang berbasis di Selandia Baru diduga diretas minggu ini. Sebuah platform melaporkan kejadian ini melalui Twitter pada 15 Januari lalu, menyebutkan “kerugian signifikan.” Sementara kejadian ini telah dikonfirmasi oleh kepolisian lokal, banyak hal-hal penting — termasuk jumlah dan judul token yang dicuri — masih dirahasiakan.

Menurut the New Zealand Government Companies Register, Cryptopia memiliki total 90 pemegang saham. Mayoritas saham dikendalikan oleh Dawson dan Clark, yang masing-masing memegang 30.57 persen dan 27.46 persen. Sebagian besar — 25.52 persen — juga dipegang oleh pengembang software lokal dan layanan konsultansi yang disebut Intranel, sementara sisanya sahamnya dikendalikan oleh kerabat-kerabat co-founder dan investor swasta.

Sesuai profil Linkedln Cryptopia, perusahaan memiliki “Jajaran cryptocurrency terbesar di dunia.” Memang, exchange memiliki lebih dari 830 daftar cryptocurrency, menurut CoinMarketCap, yang membuat ini menjadi salah satu kepala platform untuk altcoin adalah perdagangan.

Data yang diperoleh dari Coingecko menyarankan bahwa volume perdagangan puncak Cryptocurrency tahun ini terjadi pada 11 Januari, ketika ini mencapai sekitar $1,875,000. Crypto exchange melaporkan memiliki sekitar 1.4 juta pengguna yang terdaftar dan menjadi crypto exchange terbesar di negara ini. Pada bulan Mei 2017, Cryptoria meluncurkan NZed (NZDT), diduga stablecoin pertama yang ditambatkan ke dolar Selandia Baru.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7869 seconds (0.1#10.140)
pixels