Infokom-ICI Indonesia Beri Wejangan Hadapi Pertumbuhan Ekonomi Digital

Rabu, 07 November 2018 - 22:00 WIB
Infokom-ICI Indonesia Beri Wejangan Hadapi Pertumbuhan Ekonomi Digital
Infokom-ICI Indonesia Beri Wejangan Hadapi Pertumbuhan Ekonomi Digital
A A A
JAKARTA - Perkembangan ekonomi digital memberikan peluang dan tantangan yang cukup beragam. Perubahan sistem jual-beli dari konvensional ke online misalnya, cuma dapat dinikmati konsumen yang tinggal di beberapa wilayah saja.

“Masyarakat yang berada dalam wilayah 3T ( Tertinggal, Terluar, Terdepan) semestinya juga dapat merasakan perkembangan ekonomi digital,” ungkap Head of Finance and Accounting Infokom Elektrindo, Tan Dewi di Jakarta, Rabu (11/7/2018).

Tantangan yang akan dihadapi Indonesia, lanjut Dewi, adalah bagaimana dapat membuat seluruh masyarakat di Tanah Air merasakan keuntungan dan manfaat dari perkembangan ekonomi digital. Sebagaimana diketahui Indonesia merupakan negara kepulauan.

Untuk itu, penyebaran jaringan internet di Indonesia untuk wilayah 3T tidak semudah dilakukan di perkotaan. Namun melalui program Akses Internet Rakyat, Infokom siap untuk membangun akses komunikasi di daerah yang sulit dijangkau.

Tantangan lainnya adalah soal regulasi, seperti keamanan untuk data dan informasi. “Jangan sampai karena ketidaksiapan menghadapi menimbulkan bom waktu yang mudah meledak dikemudian hari,” kata Tan Dewi mengingatkan.

Merespons hal tersebut, Infokom elektrindo dan Industrial Conference Initiative (ICI) mengadakan Indonesia Digital innovation Conference (IDCon18) untuk menjembatani seluruh stakeholder industri.

Founder ICI Anten Rahmith mengutarakan, para pemangku kebijakan, akademisi, pelaku dan pemilik industri serta pengamat ekonomi industri khususnya ekonomi digital akan berdiskusi dan berbagi mengenai perkembangan arus teknologi informasi yang berkembang pesat saat ini. Sehingga diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para pemangku kepentingan dalam menghadapi era industri 4.0.

IDCon18 akan dihelat pada 11 Desember 2018 di Ritz Carlton Hotel Pacific Place, Jakarta. Acara ini bakal diikuti lebih dari 500 peserta dari berbagai macam industri.

Rangkaian acara diisi konferensi dan talkshow. Informasi terkait acara IDCon18, penjualan tiket, dan lainnya dapat dilihat pada laman www.iciindonesia.com dan www.infokom.id. Selain itu di media sosial (Twitter, Facebook, dan Instagram) @iciindonesia, @icitalks, @apstv.id, dan @infokomelektrindoofficial.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3660 seconds (0.1#10.140)