Motret Ala Seorang Pro dengan 5 Tips Mobile Travel Photography

Kamis, 20 September 2018 - 16:02 WIB
Motret Ala Seorang Pro dengan 5 Tips Mobile Travel Photography
Motret Ala Seorang Pro dengan 5 Tips Mobile Travel Photography
A A A
Semakin canggihnya fitur kamerasmartphonedan tingginya penggunaan media sosial seperti Instagram dan Facebook, trenmobile photography berkembang pesat. Smartphonemenjadi benda berharga yang wajib dibawa untuk mengabadikan kenangan-kenangan saat liburan dengan foto ataupun video.

So, tahukah Anda bagaimana cara mengambil foto yang instagramable hanya dengan bermodalkansmartphone? Renaldi Ahmad, seorang profesional dalammobile photographydan penggemar jalan-jalan, berbagi tips dan triknya tentang bagaimana cara terbaik untuk mengabadikan momen-momen liburan hanya dengan menggunakansmartphone.

Motret Ala Seorang Pro dengan 5 Tips Mobile Travel Photography

1.Susun daftar destinasi dan objek yang ingin difoto
Pertama-tama, lakukan riset tentang destinasi liburan Anda. Pilihlah tempat-tempat spesifik yang ingin dikunjungi sehingga Anda bisa merancang rencana perjalanan sesuai jadwal dan anggaran.

Setelah menyusun daftar destinasi, Anda bisa memulai membuat daftar objek yang ingin difoto, seperti bangunan bersejarah, festival, atau foto-foto jalanan bebas yang menggambarkan adat budaya lokal. Nah, daftar ini berfungsi untuk membantu Anda mengelola waktu agar Anda memiliki kesempatan untuk mengambil foto semua objek dengan waktu yang ada.

2.TerapkanRule of Thirdsuntuk komposisi foto yang lebih baik
Faktor komposisi berperan penting dalam membuat foto Anda terlihat lebih menarik. Salah satu metodenya adalah dengan menerapkan Rule of Thirds.
Bagi bingkai foto menjadi 3x3 sehingga Anda memiliki sembilan bagian dengan ukuran yang sama. Ketika Anda hendak mengambil foto, tempatkan objek foto utamanya (orang-orang, bangunan, atau makanan) di persimpangan antara kisi-kisi atau searah dengan garis pemisah antarkisi.

Ini akan memudahkan orang-orang untuk melihat objek foto utama secara lebih natural dan hasil fotonya akan terlihat lebih seimbang daripada menempatkan objek foto jauh dari garis.
Motret Ala Seorang Pro dengan 5 Tips Mobile Travel Photography


3.Ikuti Leading Line
Melengkapi Rule of Thirds, Leading Line adalah garis di dalam gambar yang akan mengarahkan mata ke objek foto. Garis ini dapat berupa apa saja, misalnya jalanan, garis pantai, atau bagian arsitektur dari sebuah gedung.

Motret Ala Seorang Pro dengan 5 Tips Mobile Travel Photography


4.Masukan elemen-elemen kehidupan
Menghasilkan foto yang bagus saja tentu tidak cukup. Anda ingin membuat foto yang menggugah, foto yang mampu menarik audiens, bahkan tanpa perlu teks atau captiontambahan.

Anda harus memasukkan elemen-elemen kehidupan ke dalam foto Anda. Memasukkan “manusia” sebagai elemen foto adalah cara yang paling mudah untuk melibatkan audiens. Misalnya: sebuah foto makanan dengan latar yang polos terlihat bagus, tetapi Anda dapat membuatnya lebih bagus lagi dengan menempatkan tangan yang sedang meraih makan tersebut.

Motret Ala Seorang Pro dengan 5 Tips Mobile Travel Photography


5.Mengedit danback-upadalah keharusan dalammobile photography
Setelah selesai berburu foto, Anda mungkin ingin mengedit komposisi, pengaturan warna atau tingkat kecerahan foto. Dengan semakin banyaknya jumlah aplikasi foto editor pada perangkatmobile, jangan ragu untuk mengedit foto agar hasilnya sesuai dengan selera.

Terakhir, langkah yang sering dilupakan adalah melakukanback upfoto. Setelah menghabiskan waktu dan usaha untuk memproduksi foto-foto berkualitas tinggi, jangan lupa untuk menyimpannya dari perangkat mobile Anda.

Cara yang paling mudah untuk melakukan hal ini adalah dengan menggunakan USB OTG (on-the-go) yang kompatibel dengansmartphone, tablet dan laptop, sehingga Anda dapat memindahkan foto dari satugagdgetkegadgetlain tanpa hambatan.

SanDisk siap untuk membuatmobile photography-mu terasa lebih mudah. Dengan perangkat OTG portabel seperti, SanDisk Dual Drive m3.0, SanDisk Dual Drive Type-C, dan SanDisk iXpand Mini, pengguna dapat memindahkan atau melakukanback updata mereka dalam hitungan detik.

Setelah mengambil foto, para pengguna dapat menyambungkan SanDisk Dual Drive (untuk perangkat Android) atau SanDisk iXpand Mini (untuk perangkat Apple) ke smartphone mereka.

Kemudian, mereka dapat menyimpan atau memindahkan foto-foto mereka keflash driveSanDisk tersebut. Selain berfungsi sebagai cadangan, OTG portabel ini juga dapat membantu Anda menambah kapasitas memori internal pada smartphone, sehingga Anda selalu siap untuk mengambil lebih banyak foto saat liburan!

Motret Ala Seorang Pro dengan 5 Tips Mobile Travel Photography


Selain itu, SanDisk iXpand Base adalah perangkat unik yang dapat melakukanback updata secara otomatis sambil mengisi daya iPhone Anda. Setelah seharian melakukan perjalanan, Anda dapat mengisi daya smartphone sambil mencadangkan semua foto dan data yang Anda ambil hari itu.

Trenmobile photographysedang menyebar ke seluruh dunia. Kamu pun bisa mengambil foto-foto yang menakjubkan darismartphonedengan menerapkan tips-tips dari Renaldi tadi. Tapi, jangan lupa untukback upsemua foto-fotomu agar tidak kehilangan memori berharga saat liburan, ya!
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1669 seconds (0.1#10.140)