Indonesia Jadi Tuan Rumah Konferensi Asia LoT Business Platform

Selasa, 28 Agustus 2018 - 20:02 WIB
Indonesia Jadi Tuan...
Indonesia Jadi Tuan Rumah Konferensi Asia LoT Business Platform
A A A
JAKARTA - Indonesia di dapuk sebagai tuan rumah Konferensi Asia IoT Business Platform (AIBP) edisi ke - 25. Dalam konferensi yang dilaksanakan selama 28-29 Agustus akan menyoroti hal-hal terbaru mengenai implementasi Internet of Things (IoT) di Indonesia.

Dengan menghadirkan para stakeholder kunci dalam industri LoT, termasuk pemerintah, penyedia solusi IoT dan perusahaan pengguna untuk berdiskusi membahas mengenai bagaimana industri IoT diimplementasikan dalam bisnis di Indonesia.

Transformasi digital di Indonesia memang berjalan cukup pesat, hal itu terbukti dari hasil survei yang dilakukan oleh AIBP menunjukkan bahwa sudah 91,1 persen perusahaan yang melakukan transformasi digital.

Meski begitu, berdasarkan survey pada 1.573 orang yang merepresentasikan bisnis IoT masih merasa mengalami beberapa hambatan dalam membangun ekosistem IoT ini.

Seperti misalnya 68,9% mereka merasa bahwa cost atau biaya pembangunan infrastruktur masih menjadi tantangan. Kedua security atau keamanan masih 56.3% menjadi kendala dalam ekosistem IoT. Sementara diposisi ketiga dalam kendala pembangunan ekosistem IoT adalah ketidaksesuaian dengan legacy yaitu 48,2%.

Dirjen APTIKA Kemenkominfo , Semuel Abrijani Pangerapan, mengatakan bahwa bisnis ini nantinya tak hanya untuk industri-industri besar yang ada di perkotaan saja namun juga akan menyasar bagi perusahaan pertanian.

"Bisnis ini sangat menjanjikan, trackingnya akan nambah, kami juga ingin mendorong pemanfaatan teknologi ini bagi perusahaan-perusahaan pertanian bahwa teknologi bisa dimanfaatkan oleh seluruh elemen masyarakat," tuturnya disela acara pembukaan Asia IoT Bussines Platform di Jakarta, Selasa (28/8/2018).

Selain itu, diharapkan dalam konferensi ini untuk mendapatkan hasil maksimal di tiga elemen penting dalam IoT yang harus diselesaikan, yaitu connectivity, sensor yang melekat ke user, dan people at process.

"Ketiganya harus tumbuh bersama. Kami harap masyarakat concern membangun aplikasi IoT di Indonesia." ujar Ismail, Dirjen SDPPI Kemenkominfo.

Asia LoT Business Platform sendiri berfokus pada lembaga pemerintah dan perusahaan lokal berbagai sektor industri, Asia IoT Business Platform merupakan program bisnis pertama yang dibentuk oleh industri untuk industri, dengan tujuan menangani masalah-masalah utama dalam pengadopsian teknologi IoT di kawasan ASEAN. Program ini mendorong perusahaan untuk memahami dan belajar tentang pengadopsian teknologi IoT bagi bisnis mereka.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1838 seconds (0.1#10.140)