Apple Resmikan Develover Academy di Indonesia

Senin, 07 Mei 2018 - 17:02 WIB
Apple Resmikan Develover Academy di Indonesia
Apple Resmikan Develover Academy di Indonesia
A A A
TANGERANG - Indonesia menjadi negara pertama di benua Asia yang dipercaya dalam pembangunan academy pengembangan aplikasi masa depan untuk sistem iOS. Hal itu ditandai dengan diresmikannya Apple Developer Academy di kawasan BSD Green Office Park 9, BSD, Tangerang, Senin (7/5/2018).

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto beserta Menteri Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, menyaksikan langsung prelaunch oleh pihak Apple tersebut. Bekerjasama dengan Universitas Binus, nantinya Academy yang dimentori langsung oleh Apple akan terbuka bagi kategori umum.

"Inikan tahap awal, jadi bekerjasama dengan Binus, tahap berikutnya adalah terbuka untuk semua, Juni nanti akan dibuka resmi. Sedangkan untuk tempatnya ini bekerjasama dengan Sinarmas Land," ungkap Airlangga.

"Jadi Apple Academy itu ada 3 di dunia, yang pertama di Brazil, kedua di Italia, untuk Asia ini Indonesia yang pertama. Bagi kita, tentu lulusan ini akan menjadi software developers yang mampu membuat program solusi didalam ekosistemnya Apple, dengan demikian targetnya nanti akan menjadi 600 (siswa) dalam satu tahun," imbuhnya.

Dikatakannya, pemerintah sendiri awalnya meminta kepada pihak Apple untuk menampung setidaknya 200 siswa dalam Academy Apple yang berada di kawasan BSD, namun rupanya pihak Apple baru menyanggupi sekira 75 siswa dalam kelas perdananya di Indonesia.

Meski begitu, dalam waktu dekat akan kembali dibangun 2 fasilitas lainnya di Indonesia. Sehingga total ada 3 Academy Apple di tanah air, dengan 2 lokasi di pulau Jawa dan 1 lokasi lain berada di luar pulau Jawa.

"Tiga tahun kedepan, akan ada di 3 tempat, itu yang diperjanjikan dengan pihak Apple. Dua di pulau Jawa termsuk disini (BSD), dan 1 lagi diluar pulau Jawa," jelas Airlangga.

Sedangkan Menkominfo Rudiantara menyebutkan, dengan kehadiran Academy Apple di tanah air, maka perusahaan multinasional yang berbasis di Silicon Valey, Cupertino, California, itu dapat menciptakan banyak talenta dalam negeri yang kompeten pada sumber human capital bidang digital.

"Mentornya bukan hanya dari Cupertino, tapi tadi ada yang datang juga dari Italia, Brazil. Yang lebih penting lagi seperti saya katakan, sumber talenta, sumber human capital di bidang digital ini nantinya tidak lagi hanya ada di luar negeri (3B), tapi B keempat ada di Indonesia, yaitu BSD," jelasnya.

Apple Developer Academy sendiri bertujuan untuk menantang dan mengispirasi siswa melalui pendekatan berbagai bidang dalam pengajaran. Kelas-kelasnya sendiri mencakup Objective-C dan Wift, dimana Swift merupakan bahasa pemrograman untuk menciptakan aplikasi iOS, Appel TV, dan Appel Watch.

"Kami sangat gembira bisa membuka Apple Developer Academy di Indonesia, untuk membantu menyediakan pengembang masa depan dengan kemampuan yang mereka perlukan dalam mengembangkan aplikasi iOS, dan bergabung dalam perekonomian berbasis aplikasi yang berkembang pesat," terang Lisa Jackson, Wakil Presiden Apple Bidang Lingkungan Hidup.

(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7965 seconds (0.1#10.140)