Muslim GO, Aplikasi Islam dan Baca Alquran Pertama Bersertifikat Kemenag

Sabtu, 05 Mei 2018 - 07:52 WIB
Muslim GO, Aplikasi Islam dan Baca Alquran Pertama Bersertifikat Kemenag
Muslim GO, Aplikasi Islam dan Baca Alquran Pertama Bersertifikat Kemenag
A A A
JAKARTA - Muslim GO merupakan aplikasi mobile penyedia layanan keagamaan dan paduam lengkap bagi umat beragama muslim. Baru baru ini, Muslim GO bekerjasama dengan Kementrian Agama merilis font mushaf Alquran Standar Indonesi diaplikasinya.

Mushaf Alquran Standar Indonesia adalah Mushaf Alquran yang dibakukan cara penulisan teks, harakat, tanda baca dan tanda waqafnya sesuai dengan hasil yang dicapai Musyawarah Kerja Ulama Ahli Alquran lembaga Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran dari Kemenag.

"Sebelumnya kami melakukan riset dulu. Dan salah satu hasil riset yang dilakukan peneliti lembaga ini adalah font mushaf nasional standar Indonesia. Mushaf ini sudah dibakukan, dan disesuaikan dengan para pembaca non-Arab agar memudahkan pembaca Indonesia," jelas Muchlis Hanafi, Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran, Kemenag, pada Jumat (4/5/2018) di Jakarta.

Lajnah Pentashihan merupakan lembaga yang bertugas mentashih (memeriksa atau mengoreksi) setiap lembaran yang berisi tulisan Alquran. Muchlis mengaku, pihaknya senang sekali bisa bekerja smaa dengam Muslim GO.

"Karena keterbatasan dana, font ini hanya bisa dicetak terbatas. Kalau sudah ada di aplikasi begini, semua orang jadi mudah untuk mengaksesnya" tambah Muchlis.

Muslim Go juga menyediakan konten-konten yang membantu ibadah umat Muslim, seperti arah kiblat, Alquran digital, bacaan doa sehari hari, direktori masjid dan restoran hallal terdekat, dan lain lain. Kedepannya, aplikasi ini diharapkan bisa dinikmati oleh muslim seluruh dunia.

"Ya. Cina pakistan india, kami sedang coba kembangkan yang nantinya untuk dibuat berbagai macam bahasa agar lebih bisa diakses lagi umat muslim diseluruh duniaku" ujar Jarot Utomo, Marketing Manager Muslim Go Indonesia.

Aplikasi ini juga didukung penuh oleh Ustadz ternama Yusuf Mansur. Ia memberikan apresiasi bagi kolaborasi antara Muslim GO dan pihak pemerintah.

"Jangan sampai sedang asyik baca Alquran digital lalu ada iklan sabun dan shampoo yang menodai program ini," candanya
Ustad Yusuf Mansur berharap kedepannya anak anak muda tidak hanya bermain sosial media saja pada gadget nya, tetapi juga giat membaca Al-Qur'an lewat aplikasi ini.


(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8111 seconds (0.1#10.140)