Infokom Bangun Akses Internet di Puskesmas Desa

Sabtu, 10 Maret 2018 - 09:56 WIB
Infokom Bangun Akses Internet di Puskesmas Desa
Infokom Bangun Akses Internet di Puskesmas Desa
A A A
PT Infokom Elektrindo melalui Akses Internet Rakyat (AIR) terus mendukung program Universal Services Obligation (USO) dari BAKTI Kemkominfo dengan membangun akses internet di daerah yang tidak terjangkau, seperti di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Desa.

General Manager Of Sales PT Infokom Elektrindo Tri Bimo Siswono Putro mengungkapkan, akses internet rakyat merupakan wujud komitmen dan dukungan Infokom sebagai salah satu penyedia jasa internet di Indonesia terhadap pemerintah, khususnya BAKTI Kemkominfo yang saat ini sedang melaksanakan kewajiban USO dan sesuai tagline AIR, yaitu ”Menjangkau Batas Nusantara”.

”Kami akan terus mengembangkan layanan kami hingga pengujung Indonesia,” kata dia dalam keterangan tertulisnya kemarin. Seperti diketahui, saat ini BPJS Kesehatan juga didukung oleh aplikasi online sehingga dibutuhkan akses internet sebagai penghubung ke aplikasi tersebut.

Kepala Puskesmas Palibelo dokter Titien Sumarni mengungkapkan, akses internet di puskesmas digunakan untuk pelayanan BPJS Kesehatan, di mana data pasien yang dilayani langsung dimasukkan ke dalam aplikasi primary care BPJS.

”Melalui aplikasi ini mulai dari pendaftaran, jenis layanan kesehatan hingga layanan rujukan ke rumah sakit dapat dilakukan dan itu perlu layanan internet yang diberikan oleh Bakti Kemkominfo dan Infokom Elektrindo,” kata dia.

Selain itu, lanjut dia, Puskesmas Palibelo juga dapat mengirimkan laporan ke Dinas Kesehatan melalui email serta membuka aplikasi untuk melaporkan sarana dan prasarana ke pusat dengan menggunakan akses internet.

Titien pun berharap pemerintah dapat memenuhi kebutuhan akses internet di seluruh Kabupaten Bima karena belum semua puskesmas mendapatkan akses internet.

”Masih banyak sekali puskesmas di kabupaten yang lebih terpencil dan belum mendapatkan bantuan akses internet sehingga untuk la yanan BPJS Kesehatan masih dilakukan secara manual,” ujar Titien. (Hatim Varabi)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6835 seconds (0.1#10.140)