Ini Tandanya Ban Mobil Sudah Harus Diganti

Jum'at, 02 Maret 2018 - 22:03 WIB
Ini Tandanya Ban Mobil Sudah Harus Diganti
Ini Tandanya Ban Mobil Sudah Harus Diganti
A A A
JAKARTA - Tidak dapat dipungkiri, ban menjadi salah satu unsur penting bagi kendaraan. Oleh karena itu, sama dengan komponen lainnya ban tentu punya masa tenggang untuk digunakan.

Lalu sebenarnya kapan waktu yang tepat bagi pengguna kendaraan untuk mengganti ban, khususnya mobil. Dilansir dari Astraworld, Jumat (2/3/2018), setidaknya ada beberapa indikasi pengguna harus segera mengganti ban mobilnya. Hal ini tentu guna menghindari hal - hal tidak diinginkan seperti pecah ban hingg kecelakaan.

Pertama yaitu, kembang ban terlihat sudah rata dengan tread wear indicator atau TWI. Ini artinya, TWI sudah mulai bergesekan langsung dengan aspal dan bertanda kembang ban sudah habis.

Selain itu, benjolan yang timbul pada ban juga menjadi tanda bila ban sudah selayaknya diganti. Jika dibiarkan tentu kejadian pecah ban hanya tinggal menunggu waktu.

Selanjutnya, ban mobil yang sudah lama tidak digunakan juga ternyata berdampak negatif.Walaupun secara kembang masih bagus, namun karet ban sebenarnya sudah mengeras (getas).

Ban yang sudah berulangkali ditambal pun sudah waktunya diganti. Pasalnya jika ban pernah ditambal lebih dari empat titik tentunya dapat menimbulkan berkurangnya tekanan angin secara mendadak. Resikonya tentu bakan akan mudah pecah.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7083 seconds (0.1#10.140)