Facebook Ubah Strategi dalam Menghadapi Berita Hoax

Kamis, 21 Desember 2017 - 20:47 WIB
Facebook Ubah Strategi dalam Menghadapi Berita Hoax
Facebook Ubah Strategi dalam Menghadapi Berita Hoax
A A A
CALIFORNIA - Facebook mengubah strateginya dalam memerangi berita palsu atau hoax. Sebelumnya berita apapun yang dicurigai palsu, Facebook akan menandainya dengan disputed flags atau bendera sengketa.

Namun strategi itu diubahnya dengan akan menunjukkan artikel yang terkait dengan berita hoax. Facebook berharap dengan menunjukkan artikel terkait bisa membawa lebih banyak konteks ke berita palsu, sehingga mempermudah pembaca dalam menentukan mana yang palsu dan tidak.

Disitat dari GSM Arena, akademisi melakukan penelitian mengenai koreksi kesalahan informasi dengan memberikan bendera merah di samping sebuah artikel. Hasilnya, kebijakan itu justru bisa memperkuat kepercayaan pembacanya, sehingga memberikan efek sebaliknya dari yang diharapkan.

Hasil berbeda ditemukan jika berita palsu dikaitkan dengan artikel terkait. Artikel atau berita-berita yang disarankan diyakini akan membantu orang mencapai fakta sebenarnya.

Peneliti juga memulai sebuah inisiatif baru untuk lebih memahami bagaimana orang memutuskan apakah informasi itu akurat atau tidak berdasarkan sumber berita yang mereka andalkan. Ini tidak akan secara langsung memengaruhi news feed dalam waktu dekat. Namun, ini bisa membantu mengukur keberhasilan penelitian lebih baik dalam meningkatkan kualitas informasi di Facebook.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3437 seconds (0.1#10.140)