Bukalapak Buktikan Komunitas Pelapak Solid

Selasa, 28 November 2017 - 12:57 WIB
Bukalapak Buktikan Komunitas Pelapak Solid
Bukalapak Buktikan Komunitas Pelapak Solid
A A A
JAKARTA - Sebagai online marketplace, tentu saja penjual (disebut pelapak) menjadi penggerak utama perusahaan. Dan Sabtu (25/11/2017) kemarin, Bukalapak membuktikan bahwa mereka memiliki komunitas pelapak yang solid melalui acara Kopdar Akbar Komunitas Bukalapak (Kopdar Akbar) 2017 yang telah dihelat untuk kedua kalinya.

Acara tersebut dihadiri lebih dari 5.000 pelapak dan pengguna Bukalapak. “Pelapak adalah mitra kami untuk tumbuh bersama,” ujar Achmad Zaky, Founder dan CEO Bukalapak.

Ia mengaku sangat menghargai kepercayaan pelapak yang setia berjualan di Bukalapak. Ini wajar karena persaingan online marketplace sendiri cukup sengit.

Tak sedikit penjual yang juga memiliki lapak di online market place seperti Tokopedia ataupun Shopee.

Bukalapak mengklaim telah menjangkau hampir 2 juta pelaku usaha kecil menengah (UKM) Indonesia di 80 kota komunitas di seluruh Indonesia. Komunitas tersebut diklaim terbentuk dari inisiatif para pelapak sendiri. Adapun Bukalapak sebagai platform tempat mereka berjualan memfasilitasi ajang berkumpulnya para pelapak di berbagai daerah melalui acara kopdar di setiap kota. Dari situ pelapak secara aktif saling berbagi mengenai peningkatan kapasitas dan kapabilitas bisnis.

Misalnya bagaimana meningkatkan penjualan serta memasarkan produk secara efektif. Tahun ini konsep yang diusung Kopdar Akbar 2017 adalah festival/fun day with family.

Head of Community Management Bukalapak Muhammad Fikri menyebut bahwa Bukalapak ingin membantu dan bekerja sama dengan para pelaku UKM dari Sabang sampai Merauke untuk terhubung meskipun berada di lokasi yang berbeda.

“Kita percaya konsep gotong-royong dan kolaborasi, kebersamaan, dan persaudaraan,” sebutnya.

Saat ini UKM digital di Indonesia belum mencapai target maksimal dan masih banyak pelaku bisnis dan para UKM yang belum memanfaatkan platform digital ataupun melek digital. (Danang Arradian)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4028 seconds (0.1#10.140)