Selalu Waspadai Kejahatan Siber Pada WhatsApp

Senin, 20 November 2017 - 11:34 WIB
Selalu Waspadai Kejahatan Siber Pada WhatsApp
Selalu Waspadai Kejahatan Siber Pada WhatsApp
A A A
JAKARTA - Penjahat siber selalu memiliki cara untuk mendapatkan buruannya. Baru-baru ini salah satu cara yang dilakukan pelakunya adalah dengan mengirim pesan berantai melalui aplikasi WhatsApp.

Karena itu pengguna WhatsApp perlu berhati-hati bila menemukan teks pesan palsu yang berbunyi "subscription will be ending soon". Karena bila link tersebut di klik dikhawatirkan dapat mencuri informasi perbankan pengguna.

Hal ini terunggkap setelah salah seorang pengguna WhatsApp melaporkan bila telah menerima teks yang memperingatkan mereka bahwa subscription will be ending soon atau langganan akan segera berakhir. Mereka didesak untuk mengklik tautan yang diduga memverifikasi akun mereka dan membeli langganan aplikasi seumur hidup.

Namun harus diingat ini hanyalah tipuan dan cara pelaku untuk mengelabui pengguna agar menyerahkan detail perbankan korbannya. Lalu pelaku pun dengan mudahnya menginfeksi perangkat para korbannya.

Seorang pengguna WhatsApp menuliskan, "Hati-hati dengan penipuan @WhatsApp. Saya baru saja menerima pesan dari seseorang yang mengaku berasal dari #WhatsApp #SCAM," ucapnya, seperti dilansir dari Express, Senin (20/11/2017).

Wajar bila WhatsApp telah menjadi target bagi penjahat siber. Seperti diketahui, WhatsApp sendiri saat ini telah dipakai oleh lebih dari satu miliar orang setiap harinya.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8561 seconds (0.1#10.140)