Cara Mudah Hilangkan Embun Pada Rumah Lampu

Minggu, 12 November 2017 - 22:33 WIB
Cara Mudah Hilangkan Embun Pada Rumah Lampu
Cara Mudah Hilangkan Embun Pada Rumah Lampu
A A A
JAKARTA - Sebelum mengupas bagaimana cara penyelesaiannya, mari kita bahas terlebih dahulu mengapa air bisa ada di dalam rumah lampu kendaraan. Saat temperatur di luar menurun dan panas lampu depan mulai mereda (karena panas matahari atau karena lampu dinyalakan), udara lembab akan perlahan masuk ke dalam rumah lampu.

Udara yang masuk ke rumah lampu melewati lubang udara yang memang dimiliki setiap rumah lampu untuk mengurangi tekanan, atau bisa juga masuk melalui segel-segel yang longgar atau rusak. Saat kondisi mika sedikit lebih dingin dari udara yang ada di bagian dalam rumah lampu, titik embun akan terkondensasi ke dalam mika.

Hal ini normal, karena ketika udara luar mulai memanas seperti di pagi hari, embun akan menguap. Tapi tidak semua kendaraan seperti itu, masih tergantung kebiasaan pemiliknya. Ada banyak pengendara yang lebih suka memarkir mobilnya di tempat teduh atau lembab seperti di parkir basement.

Kondisi seperti inilah yang bisa mengumpulkan tidak hanya sedikit titik embun kecil tapi terlihat lebih seperti titik hujan ditambah kabut. Lalu bagaimana cara mengatasinya, berikut beberapa langkash sederhana yang bisa dilakukan sendiri tanpa harus pergi ke bengkel.

Solusi pertama dan termudah yang bisa dilakukan adalah biarkan lampu depan menyala saat berkendara selama beberapa jam untuk menghilangkan titik air. Masalah lebih besar bila air sudah menggenang di bagian bawah, jalan paling benar adalah mencopot lampu dan dikeringkan.

Selanjutnya gunakan sedikit alkohol untuk membersihkan dan membantu menguapkan sisa embun, ulangi beberapa kali. Untuk membersihkan embun dari rumah lampu sebenarnya cukup mudah.

Berhentilah di tempat yang tidak terkena hujan. Kemudian, nyalakan lampu seperti biasa dalam beberapa menit.

Panas dari lampu akan membuat embun menghilang dengan sendirinya. Namun, cara ini juga tergantung pada pori-pori lampu utama. Bila embun jadi genangan air, maka tidak ada cara lain selain membuka lampu sein.

Pertama, periksa bagian belakang rumah lampu. Lihat bagian lubang udara apakah tersumbat atau tidak. Ketika tersumbat, maka bersihkan agar kotoran tidak menempel.

Keluarkan embun melalui lampu sein dengan melepasnya searah jarum jam. Ketika terlepas, nyalakanlah lampu mobil selama beberapa menit hingga embun hilang. Ketika sudah kering, maka pasang kembali lampu sein seperti semula. Demikian dikutip dari laman resmi Nissan, selamat mencoba.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6571 seconds (0.1#10.140)