ERCI Tangerang Sambangi Kearifan Lokal Baduy

Jum'at, 01 September 2017 - 11:55 WIB
ERCI Tangerang Sambangi Kearifan Lokal Baduy
ERCI Tangerang Sambangi Kearifan Lokal Baduy
A A A
TANGERANG - Komunitas automotif yang bernaung di bawah bendera Ertiga Club Indonesia (ERCI) Chapter Tangerang, melakukan serangkaian kegiatan spesial perayaan ulang tahun ke-5 pada 27 Agustus 2017 lalu. Mulai dari touring hingga pemberian bantuan kepada masyarakat Baduy yang beberapa waktu lalu mengalami musibah kebakaran yang menghanguskan seluruh bangunan di kampung Cisaban, Lebak, Banten.

Bertajuk ''Rangers Road to Baduy'' member ERCI Chapter Tangerang melakukan touring keluarga jarak pendek, sebanyak 66 kendaraan member ERCI Chapter Tangerang ikut serta meramaikan puncak acara HUT ke-5 ERCI Chapter Tangerang menuju kawasan wisata Baduy.

''Perayaan HUT kali ini sedikit berbeda karena selain touring kita memberikan bantuan donasi kepada masyarakat Baduy yang menjadi korban kebakaran. Donasi tersebut dikumpulkan dari swadaya semua member dan kemudian dibelikan baju adat dari masyarakat Baduy yang menjadi salah satu kebutuhan utamanya,''kata Ketua Pelaksana HUT ke-5 ERCI Tangerang Listiyono.

Waktu tempuh menuju Baduy memakan waktu hingga, tiga jam lamannya peserta diarahkan berkumpul Minggu (27/8/2017) jam 5 pagi, di kawasan Gading Serpong, Tangerang. Peserta touring kali ini menjadi yang terbesar sepanjang penyelenggaraan touring ERCI Chapter Tangerang. Sebanyak 66 kendaraan beserta keluarga berkonvoi agar tidak mengganggu pengendara lain karena jalur menuju lokasi cukup banyak tanjakan dan tikungan tajam yang menantang adrenalin.

Sejumlah seremoni mulai dari potong kue dan penyerahan bantuan yang diterima langsung oleh perwakilan masyarakay Baduy, dikalukan setibanya di lokasi di kawasan Baduy. Perjalanan selama tiga jam terbayar setelah semua peserta ikut serta dalam perjalanan memasuki kawasan wisata Baduy luar yang dikenal masih menjaga ekosistem hutan dan adat istiadat di tengah gencarnya era modernisasi saat ini.

''Kegiatan kali ini memiliki pesan yang cukup kuat dan mendalam perayaan hut yang sedehana, kita bisa menikmati touring seraya berbagi dengan sesama dan yang lebih penting touring keluarga ke Baduy juga mengajak kita memperkenalkan budaya dan kearifan lokal kepada anak-anak kita langsung di depan mata. sehingga menjadikan pengalaman yang luar biasa,'' jelas Pendiri ERCI Tangerang Denis Cristanto.

Selepas melakukan eksplorasi budaya, hutan yang masih terjaga dan kearifan lokal di Baduy, para member ERCI Tangerang tidak lupa menikmati legitnya durian yang sedang memasuki masa panen di kawasan tersebut. Tepat pukul 16.00 WIB peserta yang terdiri dari 66 kendaraan meninggalkan lokasi wisata Baduy. Mereka berharap ERCI Chapter Tangerang terus bisa kompak dan solid sama seperti masyarakat Baduy yang terus menjunjung tinggi kebersamaan dengan mempertahankan kearifan lokal.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5204 seconds (0.1#10.140)