7 Kampanye April Mop paling Heboh dari startup di Asia Tenggara

Selasa, 04 April 2017 - 01:04 WIB
7 Kampanye April Mop paling Heboh dari startup di Asia Tenggara
7 Kampanye April Mop paling Heboh dari startup di Asia Tenggara
A A A
JAKARTA - April Mop adalah sebuah tradisi yang jatuh setiap 1 April, dimana kita dapat memberikan tipuan atau lelucon semenarik dan seusil mungkin untuk teman atau kerabat.

“Tren April Mop kini mulai banyak dijadikan momentum para pelaku startup dengan berlomba-lomba meningkatkan awareness kepada masyarakat dengan berbagai macam trik dan gimmick kreatif yang berpotensi membuat heboh para netizen di dunia maya,” ujar Andrew Prasatya dari iPrice kepada SINDOnews, Senin (3/4/2017).

Kampanye April Mop bagi pelaku startup pun beragam, mulai dari jualan batu akik hingga penawaran tour ke luar angkasa. Berikut daftar perusahaan dengan kampanye April Mop terkreatif di Asia Tenggara tahun 2017 ini:

1. Sindiran IKEA lewat kampanye ”Press-Play-Ground”
IKEA Malaysia dan Singapura berhasil menghebohkan netizen dengan mengunggah kampanye “Press-Play-Ground”. Dalam kampanye ini, IKEA akan mengubah taman bermain anak-anak dari macam-macam mainan ayunan dan perosotan menjadi taman penuh tempat duduk dan gawai seperti tablet, karena dianggap lebih cocok dengan permainan anak zaman sekarang. IKEA mengklaim studi mereka, bahwa anak-anak masa kini lebih menyukai bermain tablet dibanding aktivitas fisik di luar.

iPrice
Reaksi komentar pun bermacam-macam, ada yang marah karena menganggap IKEA mendukung anak-anak untuk bermain tablet, tapi ada pula komentar yang menganggap kampanye ini brilian karena secara tidak langsung menyindir orang tua yang gemar memberikan barang elektronik ke anak-anak untuk bermain.

2. Launching Situs di Asia Tenggara, termasuk Indonesia
Startup e-commerce iPrice Indonesia, mengirimkan rilis yang cukup mengejutkan kepada sejumlah media. Pasalnya sejak beberapa bulan yang lalu, telah banyak isu yang beredar terkait kehadiran raksasa e-commerce Amazon di Indonesia. Pada 1 April 2017, situs pembanding harga iPrice Group mengumumkan bahwa mereka telah menjadi mitra resmi Amazon Indonesia dengan memberikan bocoran terkait tampilan situs tersebut.

iPrice
Dalam kolaborasi ini, iPrice Group bersama Amazon membuat inovasi fitur perbandingan harga untuk layanan pengiriman makanan tradisional bernama Amazon Food. Layanan Amazon Food memungkinan konsumen mendapatkan makanan tradisional dari pelosok Tanah Air dengan menggunakan drone, pesawat tanpa awak, serta robot yang akan dikirim dalam rentang satu jam saja ke tempat Kita. Selain Amazon Indonesia iPrice juga membuat laman Amazon di negara Asia Tenggara lain di blognya.

Namun, rilis ini ternyata merupakan bagian kampanye kreatif April Mop dari iPrice Group. Kalau diperhatikan barang yang ada di laman Amazon tersebut adalah produk-produk tradisional dari setiap negara. iPrice ingin mengirimkan pesan bahwa semua pelaku bisnis, sebesar apapun itu, harus tetap memperhatikan produk-produk lokal dari negara tempat mereka berada.

3. Layanan terbaru GO-PET dari GO-JEK
Hiburan lain datang dari GO-JEK yang mengumumkan kehadiran layanan terbaru mereka, yaitu GO-PET, aplikasi layanan pertama antar spesies. Layanan GO-PET terdiri dari GO-CLEAN; layanan untuk mencuci dan membersihkan peralatan hewan, GO-REK; layanan mentransfer hewan, GO-FOOD, dan GO-POINTS; reward points khusus untuk hewan. Tentu inovasi ini disambut heboh oleh masyarakat digital di Twitter, sayangnya kemunculan pengumuman layanan ini adalah trik April Mop semata.

iPrice
4. Indonesia Flight menjual tiket ke ujung bumi dan luar angkasa
Beberapa waktu lalu netizen dihebohkan dengan iklan penawaran reservasi perjalanan ke ujung bumi dan luar angkasa melalui situs reservasi tiket online, Indonesia Flight. Benarkah? Ternyata strategi April Mop ini terinspirasi dari perdebatan sengit antar masyarakat Indonesia mengenai teori Bumi bulat dan Bumi datar. Hal tersebut membuat Indonesia Flight tergerak untuk menawarkan perjalanan untuk membuktikan mana teori bentuk Bumi yang benar.

Kampanye April Mop ini juga merupakan salah satu strategi Indonesia Flight untuk mengenalkan situs mereka di tengah persaingan bisnis situs travel online yang ketat. Indonesia Flight juga menawarkan diskon spesial dengan menggunakan kode promosi: BUMIDATAR dan BUMIBULAT khusus pada 1 April bagi pembelian tiket penerbangan domestik dan internasional.

5. Radiohead akan manggung di Singapura
Ternyata media online juga tidak ingin ketinggalan untuk merayakan hari April Mop ini. Bandwagon, portal media musik asal Singapura ini sempat membuat fans fanatik Radiohead kegirangan dengan headline artikel yang menyatakan musisi asal Inggris ini akan mengadakan konser di Singapura pada tanggal 21 September mendatang. Namun harapan penggemar langsung hilang ditelan bumi seketika setelah mengetahui isi artikel yang menyatakan bahwa headline tersebut hanya lelucon April Mop.

iPrice
6. Beli rumah di planet Mars lewat situs Lamudi
Lamudi, startup portal jual beli properti asal Indonesia memberikan pengumuman yang mengejutkan bahwa kini mereka menyediakan daftar properti yang bisa dibeli di planet Mars. Bahkan dalam laman webnya, Lamudi turut memberikan informasi lengkap mengenai luas tanah, jumlah kamar, dan harga yang perlu dibayar. Pengumuman tersebut ternyata tipuan semata untuk memeriahkan hari April Mop sekaligus kampanye untuk menjaga bumi lebih baik dengan memulai gaya hidup hijau dan ramah lingkungan.

iPrice
7. Beli jimat secara online di Qlapa
Qlapa, e-commerce lokal yang khusus menjual produk kerajinan tangan asli Indonesia, pada 1 April 2017 kemarin mengumumkan kehadiran produk terbaru yaitu jimat. Jimat dianggap sebagai bagian penting dari kebudayaan Indonesia yang memiliki keunikan dan khasiat yang diwarisi secara turun-temurun. Penawaran produk ini cukup mengundang tawa netizen di media sosial.

Mungkin pada awalnya Anda akan sedikit kesal ketika mengetahui berita dan iklan-iklan tersebut hanya April Mop belaka, namun kampanye-kampanye tersebut perlu diapresiasi karena untuk menciptakan lelucon sebesar ini tentunya membutuhkan usaha dan kreatifitas yang maksimal. Meski demikian, Anda tetap perlu waspada dan berhati-hati dengan informasi-informasi yang bermunculan agar tidak terkecoh dengan April Mop.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2421 seconds (0.1#10.140)