Gunakan Tablet Orangutan Bisa Berkembang Biak

Senin, 13 Februari 2017 - 11:04 WIB
Gunakan Tablet Orangutan Bisa Berkembang Biak
Gunakan Tablet Orangutan Bisa Berkembang Biak
A A A
APELDOORN - Sebuah kebun binatang di Belanda menemukan salah satu metode pembiakan orangutan yang diklaim unik. Metode tersebut dengan memperkenankan orangutan betina memanfaatkan perangkat teknologi yakni tablet untuk memilih lawan jenisnya untuk dikawinkan.

Eksperimen tersebut ternyata telah dilakukan selama empat tahun di Kebun Binatang Primata Apenheul, yang berlokasi di Apeldoorn, Belanda.

Mereka kini tengah menguji metode ini kepada Samboja, orangutan berusia 11 tahun dengan memperlihatkan sejumlah gambar orangutan jantan yang hendak dipilih olehnya.

“Tujuannya utk membuat mereka kawin dan punya generasi baru. Cuma kami ingin orangutan juga merasakan perasaan mutual agar pada akhirnya proses perkawinan terasa lebih lancar,” kata Thomas Bionda, ahli biologis behavioral Kebun Binatang Apenheul, seperti dilansir Mirror

Menariknya, kandidat mencari jodohrs orangutan jantan yang dipilih Samboja tak hanya berasal dari Negeri Kincir Angin.

Bionda menjelaskan, tujuan diadakannya metode tersebut tak sekadar untuk mengawinkan antar-orangutan, namun juga ingin melibatkan emosi antar-hubungan.

“Emosi merupakan salah satu faktor terpenting, jika ini bukan dilibatkan maka kemungkinan sukses dalam kawin akan berisiko,” ia melanjutkan.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6291 seconds (0.1#10.140)