Rem Depan Keras, Coba Cek Bagian Ini

Sabtu, 04 Februari 2017 - 14:27 WIB
Rem Depan Keras, Coba Cek Bagian Ini
Rem Depan Keras, Coba Cek Bagian Ini
A A A
JAKARTA - Seperti diketahui fitur rem adalah salah satu komponen penting dalam kendaraan. Fungsinya mutlak digunakan untuk mengurangi kecepatan kendaraan baik saat melewati jalan menurun atau yang lain.

Kondisi rem harus tetap prima karena menyangkut keselamatan pengendara atau lainnya. Bila tak melakukan perawatan berkala bisa jadi rem fungsinya tidak maksimal dan masalah yang kerap terjadi adalah rem tidak pakem karena kampas rem sudah menipis.

Penyebab rem tidak pakem lainya juga bisa disebabkan terdapatnya gelembung udara dalam sistem. Jika ini yang terjadi solusinya cukup dilakukan bleeding saja.

Namun, apabila rem mengalami keras sehingga sulit untuk dicengkram, pada umumnya adalah master rem yakni pada pistonya. Kerasnya rem biasanya karena piston rem pada master kotor atau rusak.

Solusinya dengan cara dibongkar dan dibersihkan atau diganti dengan baru. Hal ini bisa dilakukan perbaikan sendiri melalui beberapa langkah yaitu dengan membuka tuas rem terlebih dahulu, lalu lepaskan tutup master atas. Setelah itu lepaskan klem pengunci piston rem, lalu tarik keluar piston.

Setelah hal tersebut dilakukan bersihkan dengan udara bertekanan dan setelah bersih, pasang kembali dan tambahkan minyak rem. Perlu diingat, minyak rem tersebut jangan sampai mengenai cat motor karena bisa merusak.

Untuk itu agar lebih aman, Anda bisa melepas master rem terlebih dahulu dari dudukanya. Sebelum memasang kembali, cek dulu kondisi piston dan karetnya. Jika sudah rusak silakan ganti dengan yang baru.

Harganya juga cukup murah yakni sekitar Rp60 ribuan. Bila Anda tak merasa yakin untuk memperbaiki sendiri, bawa saja ke bengkel terdekat. Demikian dihimpun dari berbagai sumber.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0207 seconds (0.1#10.140)
pixels