Bahan Alami yang Bisa Menghilangkan Bau dalam Mobil

Minggu, 22 Januari 2017 - 06:18 WIB
Bahan Alami yang Bisa Menghilangkan Bau dalam Mobil
Bahan Alami yang Bisa Menghilangkan Bau dalam Mobil
A A A
BAU di dalam kabin mobil kerap menjadi momok bagi para pemilik kendaraan. Selain karena kebersihan di dalam mobil yang tidak terjaga, bau juga bisa disebabkan beberapa hal.

Antara lain, tumpahan makanan, mabuk perjalanan, bahan makanan dengan aroma menyengat (durian, terasi dan ikan) dan asap rokok. Semua itu sulit dihindari.

Untuk menghilangkannya, ada beberapa bahan alami yang bisa Anda digunakan mengusir aroma tak sedap. Berikut bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau di dalam kendaraan:

Kopi

Bagi yang suka minum kopi, bubuk kopi atau biji kopi memiliki kemampuan menyerap bau dan mentralkan udara dengan baik. Tapi, jangan menyebarkan bubuk kopi secara langsung, karena dapat meninggalkan noda. Masukkan bubuk kopi dalam wadah kecil kemudian taruh di tempat sumber bau.

Jeruk

Kulit jeruk atau irisan buah jeruk ampuh menghilangkan bau tak sedap seperti asap rokok. Aroma jeruk mampu menjadikan ruang kendaraan lebih segar. Caranya cukup tinggalkan beberapa irisan jeruk dalam mobil dan biarkan selama beberapa waktu. Bila telah mengering dibuang.

Daun Pandan

Daun pandan yang biasa digunakan untuk pewangi makanan atau bahan kerajinan ternyata bisa digunakan untuk mengilangkan bau. Potong daun pandan secukupnya lalu letakkan di bawah jok.

Cuka

Cuka yang biasa digunakan untuk memasak dapat menghilangkan bau bekas asap rokok. Caranya, tuangkan cuka dalam sebuah wadah kemudian diamkan kurang lebih semalam dalam mobil. Keesokan harinya, bau rokok akan berkurang.

Baking soda

Bahan yang satu ini dapat menghilangkan berbagai macam aroma tak sedap karena sifatnya yang dapat menyerap berbagai jenis bau. Caranya, sebarkan secara merata pada beberapa bagian mobil yang terasa paling menyengat dan tinggalkan selama beberapa jam.

Arang

Sisa pembakaran kayu ini ternyata dapat menghilangkan bau. Cukup letakkan beberapa potong arang dalam sebuah mangkok dan biarkan selama beberapa hari.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7779 seconds (0.1#10.140)
pixels