Penyebab Banyak Startup di Indonesia Gagal Berkembang

Jum'at, 09 Desember 2016 - 22:09 WIB
Penyebab Banyak Startup di Indonesia Gagal Berkembang
Penyebab Banyak Startup di Indonesia Gagal Berkembang
A A A
YOGYAKARTA - Managing Director Kejora Ventures, Andy Zain mengemukakan, salah satu penyebab startup di Indonesia gagal berkembang adalah mereka menciptakan aplikasi tidak berorientasi pasar. Selama ini para pencipta startup hanya melihat produk.

Menurutnya, kebanyakan dari mereka memulai ide dari sebuah produk dengan segala pernak-perniknya. Namun, mereka melupakan bagaimana nanti respons pasar terhadap layanan. Akhirnya, meskipun produk-produk mereka cukup bagus tetapi kesulitan memasarkan atau mendapatkan investor.

"Produknya bagus, tetapi karena pasarnya hanya kecil atau bahkan tidak bisa memperkenalkan ke pasar, maka tidak ada artinya," ujarnya, Jumat (9/12/2016).

Andi menegaskan, seharusnya para pencipta startup menciptakan aplikasi dimulai dari pasar. Artinya mereka harus melihat potensi pasar terlebih dahulu yaitu dengan melakukan survei atau pengamatan terlebih dahulu. "Ketika pasar sudah ditentukan dan ditemukan, maka tinggal menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar tersebut," jelasnya.

Sementara itu, Managing Director Indonesia Mountain Patners SEA, Julian Schmid memandang selama ini sebagian besar pencipta startup berasal dari kalangan anak muda, yaitu mahasiswa yang kurang berpengalaman dalam hal tertentu.

"Ïde mereka sangat bagus, tetapi kemampuan managerial ataupun kemampuan berbisnis mereka masih sangat kurang. Makanya perlu dibimbing," tandas Julian.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.4457 seconds (0.1#10.140)