Trik Terbangkan Drone untuk Pemula

Rabu, 23 November 2016 - 10:00 WIB
Trik Terbangkan Drone untuk Pemula
Trik Terbangkan Drone untuk Pemula
A A A
JAKARTA - Seiring meningkatnya popularitas drone, tentu banyak pemula yang ingin menerbangkan pesawat tak berawak ini. Namun bagaimana langkah yang tepat menerbangkan drone bagi pemula agar tidak terjadi hal-hal yang tidak dikehendaki.

Menurut Agung Leksmana selaku salah satu pilot drone profesional yang diundang dalam peresmian DJI Experience Store di Jakarta, pemula sebaiknya terlebih dahulu mengenal drone yang ingin diterbangkan sebelum melakukannya.

"Drone itu ada pre-flight check. Biasanya kalau punya drone baru (pemula) ingin langsung menerbangkan. Harusnya pre-flight check dulu. Kalau sudah benar, penerbangan bisa lebih lancar dilakukan," ujar Agung, di Jakarta, Rabu (23/11/2016).

Lebih lanjut, Agung menambahkan, kalau untuk pemula alangkah baiiknya ketinggian terbang yang sedang-sedang saja dan pastinya masih terlihat dipandangan. Selain itu pahami juga informasi lampu yang menyala pada drone.

"Pokoknya selam dijalankan sesuai intruksi pasti akan aman," tutur Agung.

Namun Agung membeberkan, dalam menerbangka drone biasanya ada beberapa kendala dasar yang sering dihadapi pemula. Salah satunya adalah masalah orientasi, untuk mengatasinya sebaiknya pengguna tetap tenang dan kendalikan dengan biasa.

"Drone itu saat kita terbangkan pasti melihat searah dengan kita. Tapi pas sudah terbang pasti ada angin dan sebagainya akhirnya orientasinya beda. Terkadang disitu pemula suka panik karena orientasinya kadang jadi berbeda, makanya kita harus benar-benar paham dulu intruksi yang ada agar tidak terjadi hal sperti itu," tandas Agung.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0433 seconds (0.1#10.140)