Kejar Singapura dan Thailand, RI Bakal Siapkan Alokasi Dana E-Commerce

Senin, 31 Oktober 2016 - 23:58 WIB
Kejar Singapura dan Thailand, RI Bakal Siapkan Alokasi Dana E-Commerce
Kejar Singapura dan Thailand, RI Bakal Siapkan Alokasi Dana E-Commerce
A A A
JAKARTA - Guna mendukung penyusunan roadmap pengembangan untuk bisnis jual beli online (e-commerce), pemerintah akan menyiapkan dana untuk mengembangkan sektor tersebut. Hal itu disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

Rudi menyatakan, hingga saat ini meskipun bisnis e-commerce sudah berkembang pesat di Indonesia, namun alokasi dananya belum ada terutama yang dikhususkan untuk pengembangan sektor tersebut.

"Kita belum punya sampai sekarang. Sedangkan Di Singapura dan Thailand sudah ada. Padahal pangsa e-commercenya besaran kita. Singapura itu alokasi dananya USD200 juta, dan Thailand sebesar USD375 juta. Kita sampai sekarang masih membahas, angkanya belum ditetapkan," kata dia di Jakarta, Senin (31/10/2016).

Jika sudah ditetapkan berapa dana yang akan dialokasikan, Kemenkoinfo akan meminta bantuan kepada badan atau lembaga khusus di bawah kementerian keuangan (Kemenkeu) untuk mengelolanya, dan nantinya dana tersebut bisa digunakan untuk kredit usaha bagi pelaku e-commerce atau dalam bentuk KUR.

"Kita akan minta bantuan dari Kemenkeu. Ini untuk ‎mendanai startup. Kemenkeu yang akan disiapkan. Kita sudah punya KUR, dan ini nanti akan dipinjamkan ke UMKM, dan mereka bisa langsung mencicil," katanya.

Untuk besaran dana yang akan dialokasikan, Rudi menegaskan bahwa dana tersebut akan lebih besar dari milik negara tetangga yang sudah memiliki terlebih dahulu. "Akan lebih besar ya, dananya. Karena pasar dan start up kita juga lebih besar, penduduk kita juga banyak," pungkasnya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1824 seconds (0.1#10.140)