Kominfo Tak Tahu Lambang Garuda Berdarah

Kamis, 20 Oktober 2016 - 19:42 WIB
Kominfo Tak Tahu Lambang Garuda Berdarah
Kominfo Tak Tahu Lambang Garuda Berdarah
A A A
JAKARTA - Belum lama ini situs Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) berhasil diretas oleh hacker. Dimana tampilan website berubah jadi penuh dengan warna merah layaknya bercak darah. Tidak hanya itu, simbol burung garuda pun dibuat penuh dengan darah.

Melihat ulah yang dilakukan hacker tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika, Noor Iza mengaku justru belum mengetahui kejadian tersebut.

"Saya justru belum tahu," ujar Noor Iza kepada SINDOnews, Kamis (20/10/2016)

Dimintai tanggapan kenapa website yang dimiliki instansi Pemerintah mudah diretas. Dirinya mengatakan, " Sebenarnya kalau website itu memang sifatnya berada di ranah publik. Jadi memang bersifat open, tentu mudah saja diserang. Tapi untuk melakukan peroses pengamanan memang dibutuhkan model Layering. Jadi ada server yang aktif dan ada server yang bersifat sebagai display saja. Jadi kalau sewaktu-waktu diretas sudah siap penggantinya."

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan, sistem keamanan yang ada saat ini bersifat distributif jadi tidak bisa diamankan di satu tempat. Contoh sebuah rumah, pasti pemiliknya harus membuat keamanan untuk rumahnya sendiri, baru nanti keamanan lingkungan, ada kemanan kota dan sebagainya. Begitu juga di keamanan cyber.

Meski begitu dirinya mengakui saat ini Pemerintah sedang memfokuskan diri untuk membuat sistem keamanan untuk badan-badan strategis.

"Pemerintah saat ini memang sedang concern terhadap pola-pola keamanan di sektor strategis seperti keuangan dan yang lainnya. Dalam hal ini bapa Menteri Rudiantara pun terus mendorong standart mekanisme keamanan terhadap sektor-sektor tersebut," pungkasnya.

Selain mengubah tampilan, hacker pula memasukan lagu wajib nasional bertajuk Gugur Bunga dan menuliskan beberapa kalimat kritik terhadap Pemerintah.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1281 seconds (0.1#10.140)