Menjajal Kualitas Zenfone 3 Untuk Mendukung Mobilitas

Minggu, 16 Oktober 2016 - 15:50 WIB
Menjajal Kualitas Zenfone 3 Untuk Mendukung Mobilitas
Menjajal Kualitas Zenfone 3 Untuk Mendukung Mobilitas
A A A
JAKARTA - Sukses meluncurkan Zenfone 2 ke pasar samrtphone Indonesia, Asus belum lama ini kembali meluncurkan jajaran produk teranyarnya melalui Zenfone. Tidak tanggung-tanggung, pabrikan smarthone asal Taiwan ini meluncurkan lima varian sekaligus, yakni Zenfone 3 Standart, Zenfone 3 Laser, Zenfone 3 Deluxe, Zenfone 3 Ultra, Zenfone 3 Max.

Belum lama ini, SINDOnews diberi kesempatan untuk menjajal Zenfone 3 versi standart. Berbeda dengan generasi sebelumnya, Zenfone 3 megalami perubahan dari segi desain. Dengan body berbalut metal frame, perangkat teranyar Asus ini terlihat lebih elegan.

Hal ini masih dipadukan dengan penyematan kaca berteknologi 2.5D Curve Glass. Dengan teknologi tersebut, pengguna akan mendapatkan kesan premium pada smartphone ini.

Selain itu, pengguna tidak perlu khawatir kaca mudah terbaret meski tidak menggunakan lapisan anti gores. Pasalnya, perangkat ini telah menggunakan Gorilla Glass 3 yang membuat kaca tahan terhadap goresan.

Namun, sayangnya perangkat jadi sedikit kurang bersahabat dalam genggaman. Pasalnya, dengan matrial yang digunakan perangkat jadi sedikit licin pada saat digunakan.
Menjajal Kualitas Zenfone 3 Untuk Mendukung Mobilitas

Masih dari tampilan desain, berbeda dengan Zenfone 2 yang memiliki tombol volume yang terletak di bawah kamera. Pada Zenfone 3, Asus justru menempatkannya pada bagian kanan body.

Sementara, posisi speaker yang tadinya terletak pada bagian belakang perangkat kini terletak pada bagian bawah body dan memang terlihat lebih simpel.

Desain kamera pada perangkat ini memiliki bentuk persegi yang tidak akan pengguna temui pada Zenfone generasi sebelumnya. Namun sayangnya, kamera yang terdapat pada Zenfone 3 memiliki desain yang menonjol.

Hal tersebut membuat perangkat jadi sedikit riskan jika ingin dimasukkan ke saku celana. Dengan desain kamera yang ada, perangkat jadi sedikit tersangkut ketika ingin disimpan ke dalam saku celana.

Tidak ketinggalan, pada perangkat terbarunya ini Asus telah menyematkan fitur teknologi fingerprint yang terletak di bawah kamera. Dengan fitur ini segi keamanan Zenfone 3 tentu tidak perlu dipertanyakan lagi.

Bahkan pengguna tidak perlu lagi repot untuk memasukkan kata sandi untuk mengaktifkan perangkat. Dengan sentuhn jari yang sudah terdeteksi oleh perangkat, pemilik perangkat ini cukup menempelkan jari yang telah dikonfirmasi untuk membuka perangkat.

Layar Sangat Mendukung untuk Multimedia


Di tengah mobilitas sehari-hari yang begitu tinggi, penggunaan perangkat yang mumpuni tentu dapat sangat mendukung. Ukuran dan tampilan layar pun menjadi salah satu faktor yang dapat sangat mendukung.

Hal ini dimanfaatkan Asus dengan penggunaan layar berkualitas IPS+ sehingga layar akan lebih terang dari biasanya. Tidak hanya itu, penyematan teknologi ini pun membuat perangkat jadi lebih hemat daya.

Selain itu, dengan bentang layar 5.2 inci, Zenfone 3 sudah mendukung resolusi FullHD atau 1080p dengan kerapatan pixel sekitar 424 ppi. Kerapatan ini membuat pengguna cukup nyaman dalam menikmati konten video pada ponsel.

Bahkan, dengan layar yang sudah FullHD, perankat ini juga sangat nyaman untuk dipakai nge-gaming. Pasalnya dengan kecerahan layar dan grafik yang ditampilkan, game yang dimankan jadi terlihat lebih hidup.

Antarmuka ASUS ZenUI

Di dalam setiap produk smartphone Asus, kita akan melihat UI yang tertera pada perangkat dengan nama ZenUI. Pada perangkatnya kali ini, Asus telah menggunakan ZenUI versi 3.0, hasilnya pengguna akan menemukan perbedaan tampilan icon dari generasi sebelumnya.
Menjajal Kualitas Zenfone 3 Untuk Mendukung Mobilitas

Selain itu terdapat juga perubahan pada aplikasi default, yaitu messaging sudah menggunakan Google Messenger, browser utama menggunakan Google Chrome, aplikasi email menggunakan Google Mail dan kalendar menggunakan Google Calendar.

Tidak ketinggalan Asus juga melengkapinya dengan berbagai fitur yang dapat memudahkan para penggunanya. Salah satunya, fitur touch gesture yang merupakan fitur untuk mengaktifkan aplikasi hanya dengan menggambarkan sebuah huruf pada layar.

Selain itu, ZenUI juga bisa dikostumisasi hingga menghasilkan tampilan yang berbeda beda sesuai kebutuhan pengguna. Kita juga bisa menemukan toko aplikasi untuk tema, wallpaper dan icon di dalam aplikasi theme.

Kalau di dalam sana biasanya sudah paketan dapatnya. Ketika mau diapply kita bisa custom mau menggunakan yang mana saja.

Kamera

Fitur kamera memang menjadi salah satu fokus yang digarap Asus. Tidak tanggung-tanggung, Asus melengkapinya dengan kamera utama beresolusi 16MP untuk kamera utama dan 8MP untuk kamera depan. Sensornya sendiri, Asus menyematkan sensor Sony Exmor RS™ IMX298.

Kehebatan kamera ini salah satunya karena ASUS Zenfone 3 sudah menggunakan aperture 2.0, sehingga cahaya yang dihasilkan kamera cukup terang. Selain itu, perpaduan dengan software ASUS PixelMaster 3.0 membuatnya bertabur fitur yang dapat di eksplorasi oleh para penggemar fotografi.
Menjajal Kualitas Zenfone 3 Untuk Mendukung Mobilitas

Sementara, beberapa mode yang tersedia di dalamnya antara lain Auto, Manual, HDR Pro, Beautification, Super Resolution, Children, Low Light, QR Code, Night, Depth of Field, Effect, Selfie, GIF Animation, Panorama, Miniature, Time Rewind, Smart Remove, All Smiles, Slow Motion, Time Lapse.

Berikut beberapa jepretan yang diambil menggunakan kamera Zenfone 3:
Menjajal Kualitas Zenfone 3 Untuk Mendukung Mobilitas

Foto ini diambil dengan menggunakan mode low light. Meski pencahayaan sangat tidak mendukung untuk mengambil objek, namun gambar yang dihasilkan cukup baik.
Menjajal Kualitas Zenfone 3 Untuk Mendukung Mobilitas

Sementara foto ini ini diambil dengan menggunakan mode auto. Dapat dilihat meski gambar mobil diambil dalam keadaan bergerak, namun gambar yang tertangkap tetap fokus. Kemampuan ini tentu sangat berguna bagi pengguna yang ingin mengabadikan gambar tanpa harus kehilangan momen penting.

Dengan berbagai spesifikasi yang ditawarkan, Zenfone 3 versi standart dibanderol dengan harga Rp 4.100.000 untuk ukuran layar 5,2 inchi dan Rp 5.100.000 untuk ukuran 5,5 inchi.

Kesimpulan

Kelebihan :
- Kamera yang mumpuni
- Tampilan Layar Full HD
- Daya Tahan Baterai yang Baik

Kekurangan :
- Desain Kamera Yang Menonjol
- Matrial Body Yang Sedikit Licin
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8042 seconds (0.1#10.140)