'Wake Up Before You Start Up' Wadahi Para Peminat Desain

Sabtu, 17 September 2016 - 10:50 WIB
Wake Up Before You Start Up Wadahi Para Peminat Desain
'Wake Up Before You Start Up' Wadahi Para Peminat Desain
A A A
TANGERANG - Setelah memulai program BekUp (Bekraf for StartUps) pertama yang memfokuskan ke sektor teknologi digital, kali ini Bekraf bersama Coworkinc membuat program untuk mewadahi dan melatih bakat-bakat muda Indonesia dalam bidang desain, khususnya desain grafis, interior dan produk dalam sebuah program Wake Up Before Startup. Dimana design merupakan salah satu dari 16 subsektor ekonomi kreatif yang turut dikembangkan.
Program ini terbuka untuk para desainer dan peminat desain baik yang masih dalam tahap ide hingga usia bisnis di bawah 2 tahun, dan berusia 22 - 35 tahun. Peserta juga dapat mendaftar sebagai individu atau berkelompok, maksimal 3 orang.

Deputi Infrastruktur Bekraf Hari Sungkari menilai selama ini pemanfaat design untuk menjadi sebuah industri kreatif kurang maksimal. Padahal, menurutnya design bisa digunakan untuk banyak sektor baik digital maupun nondigital seperti games ataupun pembuatan aplikasi.

"Selama ini sektor design tenggelam karena kurangnya perhatian dan tidak ada yang bantu. Oleh Karena itu kita coba bantu dan mewdahinya melalui Wake Up Before Startup," ujar Hari, di Jakarta, Sabtu (17/9/2016).

Dirinya menambahkan, dalam hal ini fungsi Bekraf adalah membangun ekosistem dan incubator untuk industri design serta memberikan akses untuk permodalannya. Selain itu, melalui program ini para peserta diharapkan bisa memiliki mental yang tangguh tidak mengenal lelah saat memulai usaha di industri kreatif tersebut.

Program ini akan berlangsung serentak di Jakarta dan Bandung, selama 7 (tujuh) minggu sejak tanggal 16 September - 30 Oktober 2016, dengan venue Coworkinc di wilayah Kemang, Jakarta dan Co & Co Space di Dipatiukur, Bandung.

Lebih dari 40 pendaftar dari Jakarta, Bandung, Surabaya dan Bali telah diterima dan diseleksi, dan dari mereka telah terpilih 11 team (20 orang) peserta Jakarta dan 9 team (14 orang) peserta Bandung untuk mengikuti program ini.

Selama tujuh minggu, para peserta terpilih akan digodok untuk mendapatkan pelatihan dalam bidang Talent Development, Customer Development and Financial Literacy, Design Thinking, dan Marketing. Wake Up Before You Start Up merupakan sebuah pilot project, yang diharapkan dapat menjadi tolok ukur untuk program-program serupa di kemudian hari.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8337 seconds (0.1#10.140)