Hadapi Era Digital, Adira Insurance Lakukan Inivasi Kanal Digital

Rabu, 10 Agustus 2016 - 12:25 WIB
Hadapi Era Digital, Adira Insurance Lakukan Inivasi Kanal Digital
Hadapi Era Digital, Adira Insurance Lakukan Inivasi Kanal Digital
A A A
JAKARTA - Dengan estimasi peningkatan transaksi e-commerce di 2016 mencapai USD 4,89 miliar atau sekitar Rp68 triliun, naik 37% dibanding 2015, maka semakin besar peluang pelaku usaha sektor keuangan untuk menyediakan layanan atau transaksi e-commerce, termasuk juga industri asuransi.

Kondisi tersebut telah diantisipasi oleh Adira Insurance yang sudah mulai menggunakan model bisnis berbasis financial technology sejak 2010. Diawali dengan website berbasis classifieds ads atau iklan baris dan berlanjut masuk ke market place dan online shopping malls.

Penerapan teknologi digital dalam dunia asuransi bagi Adira Insurance dilakukan secara bertahap. Setelah dilakukan evaluasi menyeluruh, Adira Insurance juga mengembangkan fokusnya kepada penjualan ke layanan klaim melalui kanal digital dan hal ini pun mendapat respon baik dari Pelanggan Adira Insurance.

Oleh karena itu, sebagai salah satu pelaku usaha di sektor keuangan di bidang asuransi, Adira Insurance tak mau ketinggalan memanfaatkan peluang ini.

"Kami selalu melakukan riset kepada Pelanggan terhadap layanan baru kami serta memantau performa masing-masing layanan tersebut. Dari riset tersebut, kami dapat mengetahui apa yang harus dilakukan perbaikan dan pengembangan untuk memenuhi kebutuhan Pelanggan.” Ungkap Jonathan David Nandana, Digital & Altternative Distribution Manager Adira Insurance.

Sejak 2014 penjualan asuransi melalui kanal digital mulai muncul. Seluruh kebutuhan asuransi, mulai dari informasi, pengajuan, pembelian, pembayaran, penerimaan polis, hingga pengajuan klaim sudah mulai bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia.

“Saat ini, Adira Insurance selain memiliki jalur penjualan digital melalui www.travellin.co.id dan www.asuransiadira.com, kami juga sudah menjalin kerja sama dengan 7 market place atau online malls ternama di Indonesia. Tujuannya untuk memberikan aksesibilitas produk Adira Insurance sebanyak-banyaknya kepada seluruh lapisan masyarakat indonesia,” terang Jonathan.

Melalui transaksi secara online, Pelanggan mendapatkan kemudahan, baik dari pencarian informasi, pembelian produk, hingga pengajuan klaim. Tidak hanya itu saja, kanal digital merupakan media yang sangat handal karena tidak terbatas waktu dan ruang.

Sampai dengan akhir semester 1 di 2016 bila dibandingkan dengan periode yang sama pada 2015, terdapat peningkatan visitor sebesar 4.173% untuk website www.travellin.co.id dengan jumlah penjualan meningkat sebesar 370% dibandingkan dengan tahun lalu.

Masih dalam periode yang sama, jumlah downloader Autocillin Mobile Claim juga turut meningkat hampir 200% dan jumlah transaksi aplikasi tersebut meningkat 538% dengan rata-rata lebih dari 2.000 transaksi setiap bulannya.

Jumlah transaksi klaim tersebut mencapai kurang lebih 40% dari seluruh jumlah klaim kendaraan bermotor roda empat yang diterima oleh Adira Insurance dari berbagai metode pengajuan klaim.

Untuk Medicillin, dengan adanya website dan mobile apps, telah terdaftar lebih dari 12.000 Pelanggan Medicillin yang mengakses website www.medicillin.com. Aplikasi Medicillin Mobile Claim Applicantion untuk melakukan engagement activites yang berkaitan dengan program kesehatan para Pelanggan.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8372 seconds (0.1#10.140)