Hasselblad dan DJI Bikin Drone dengan Kamera Format Medium

Jum'at, 15 Juli 2016 - 13:06 WIB
Hasselblad dan DJI Bikin Drone dengan Kamera Format Medium
Hasselblad dan DJI Bikin Drone dengan Kamera Format Medium
A A A
SHENZHEN - Drone istimewa dipersembahkan hasil kerjasama Hasselblad dan DJI. Terbilang istimewa karena drone ini diklaim sebagai drone pertama dunia dengan kamera format medium.

Kedua perusahaan besar tersebut memutuskan untuk melakukan kolaborasi dan membangun drone yang dilengkapi dengan kamera 50 megapiksel. Ya, drone ini merupakan hasil penggabungan antara DJI Matrice 600 Drone dengan kamera Hasselblad A5D.

Seperti dilansir dari laman resmi DJI, varian dron yang digunakan adalah Matrice 600 yang mampu mengangkat beban dengan bobot mencapai 6kg. Selain itu, drone dengan enam rotor ini dilengkapi dengan enam baterai independen sehingga daya tahan pemakaiannya pun bisa cukup lama.

Berbicara soal kamera, kemampuan Hasselblad A5D tak perlu diragukan lagi. Kamera ini merupakan produk terbaru dari Hasselblad yang dirilis pada Juni tahun lalu. Kamera ini secara khusus didesain oleh Hasselblad untuk fotografi udara. Kamera mendapat sedikit modifikasi sehingga dapat dengan mudah ditempelkan pada drone dengan menggunakan Ronin-MX.

Bahkan, gambar hasil jepretan dari drone ini pun bisa dikirim via streaming menggunakan aplikasi DJI GO. Di waktu bersamaan, aplikasi tersebut juga berperan untuk mengontrol kamera.

Dengan adanya sistem downlink Lightbridge 2, drone ini juga bisa dikontrol dari jarak sejauh 5 kilometer. Namun, ini amat beresiko bila mengontrol drone mahal dari jarak sejauh itu.

Bertanya masalah harga, memang pihak DJI ataupun Hasselblad belum secara resmi mengungkapkan harga resminya. Namun bila dari penggabungan masing-masing perangkat, drone Matrice 600 dibanderol USD6.000 USD dan kamera Hasselblad A5D yang dibanderol USD14.500. Anda bisa memperkirakan dengan menggabungkan harga di atas.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2993 seconds (0.1#10.140)