Komputer Terkecil dengan Tenaga Gelombang Radio

Jum'at, 29 April 2016 - 10:56 WIB
Komputer Terkecil dengan...
Komputer Terkecil dengan Tenaga Gelombang Radio
A A A
NURBURGRING - Hal baru dalam dunia teknologi, yaitu sebuah komputer didesain tanpa baterai dan memperoleh energinya melalui transmisi gelombang radio. Ya, nama komputer ini adalah WISP yang merupakan kepanjangan dari Wireless Identification and Sensing Platform.

Canggihnya omputer ini tidak menggunakan baterai ataupun colokan listrik seperti halnya komputer ataupun laptop lain. Sebagai gantinya, kebutuhan energi disuplai secara wireless.

Ukurannya pun sangat kecil tak seperti komputer lainnya yang ada sekarang. Hingga bisa dipegang hanya dengan dua jari. Tak heran bila komputer ini mampu disuplai dengan tenaga yang sangat kecil sehingga bisa ditransmisikan secara wireless dengan memakai transmitter RFID biasa.

Tapi dari segi kemampuan jangan disamakan dengan smartphone ataupun komputer lain. Komputer WISP ini mempunyai kemampuan yang setara dengan yang dimiliki perangkat wearable seperti Fitbit, bisa dipakai untuk menjalankan sensor ataupun mengirimkan data.

Keuntungan lainnya juga bisa digunakan sebagai sarana komunikasi menggunakan sinyal radio yang bekerja mirip dengan kode Morse. Bahkan komputer mungil ini juga bisa diprogram secara wireless. Sangat membantu dalam keadaan darurat.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1935 seconds (0.1#10.140)