All New Mazda2 Gesit dan Irit

Sabtu, 19 Maret 2016 - 01:20 WIB
All New Mazda2 Gesit dan Irit
All New Mazda2 Gesit dan Irit
A A A
DALAM rangkaian uji teknologi Skytive, Sindonews berkesempatan menjajal ZoomZoom, All New Mazda2. Mobil hatchback yang memiliki tongkrongan menyegarkan, dengan siluet dinamis mengambil inspirasi gerakan “pouncing motion” seekor cheetah, membuat siapapun penasaran untuk menungganginya.

Usai menjajal ketangguhan All New Mazda CX-5, dalam kegiatan bertajuk “Mazda Drive a Life”, Sindonews berpindah mengemudi Mazda2 type R dari kawasan Ciganea, Purwakarta menuju Kota Bandung dengan jarak tempuh 68,2 km. Selanjutnya, di sekitaran Kota Kembang, Sindonews menunggangi type tertinggi Mazda2 GT.

Saat Sindonews masuk ke dalam mobil, Mazda sudah menyiapkan kenyamanan bagi pengemudi. Di mana kursi kemudi dan setir dapat diatur sesuai dengan postur tubuh pengendara.

Kedua type All New Mazda2 terasa kokoh berkat revisi pada posisi roda depan yang lebih maju dari versi sebelumnya. Hal ini mendukung handling yang lebih baik saat berakselerasi di tikungan. Saat menjajal mode sport, mobil ini begitu responsif. Cukup satu pijakan Mazda2 dapat melesat dan bergerak gesit dengan stabil, tanpa limbung sedikit pun.

Teknologi i-ELOOP (Mazda Regenerative Braking System), inovasi terbaru Mazda, membuat pengendara serasa menunggangi mobil premium Eropa. Sistem ini menggantikan energi yang hilang dari perlambatan akselerasi ke tenaga listrik yang disimpan di tempat penyimpanan yang akan disalurkan ke sistem kelistrikan kendaraan. Sehingga kelistrikan tidak seperti kehilangan daya. Hal tersebut memungkinkan tenaga dari mesin dapat digunakan sepenuhnya untuk mendorong mobil dan menghemat energi serta bahan bakar hingga 10%.

Selain itu, terbenam pula teknologi i-Stop (Idling Stop System). Saat Sindonews mengendarai dalam kondisi macet di jalanan Kota Bandung, sistem penghematan bahan bakar untuk memberhentikan mesin sementara berfungsi dengan sempurna tanpa mengganggu sistem kelistrikan. Hebatnya, mesin dapat kembali bekerja secara otomatis hanya dalam hitungan 0,35 detik ketika rem dilepas.

Dari sisi interior mobil ini sangat apik. Fitur-fitur yang diberikan untuk kenyamanan pengemudi, yakni multi-information display, tombol menyalakan dan mematikan mesin, roda kemudi dengan pengaturan tilt dan telescopic serta kontrol audio dan Bluetooth®. Kemudian fitur smart keyless entry membuat kendaraan dapat dibuka dalam satu tombol.

Penggunaan material kulit berkualitas tinggi pada roda kemudi, kepala tongkat perseneling, dan tuas rem tangan, membuat Mazda2 type R dan GT terasa mewah.

Adapun fitur tambahan untuk Mazda GT, terdapat active driving display yang menunjukkan segudang informasi seperti kecepatan laju kendaraan dan arah navigasi, sehingga pengemudi terasa nyaman saat berkendara. Keberadaan paddle shifts pada roda kemudi memberikan kenikmatan berkendara dalam berakselerasi.

Fitur Advanced Blind Spot Monitoring System (A-BSM) dapat mendeteksi dan mengingatkan pengemudi akan adanya kendaraan lain yang berjarak 50 meter. Sistem ini juga mampu mendeteksi kendaraan yang berada di area blind spot bagian belakang.

Type GT juga dilengkapi Rear Cross Traffic Alert (RCTA) yang mendeteksi dan mengingatkan pengemudi akan adanya kendaraan yang bergerak dari samping saat pengemudi sedang mengeluarkan kendaraannya dari area parkir.

Smart City Brake Support (SCBS) mengaplikasikan rem yang bekerja secara otomatis untuk menghindari atau mengurangi benturan dengan kendaraan roda empat di depannya dalam kecepatan 4-30 km/jam (misalnya di daerah perkotaan). Hal ini terbukti bekerja efektif, ketika sebuah motor memotong jalan pada kendaraan yang ditunggangi Sindonews. Di mana secara otomatis mobil ini mengerem untuk menghindari terjadi tubrukan.

So, mobil ini pantas direkomendasikan dan layak menjadi pilihan Anda. Di mana untuk di kelasnya mobil ini sangat irit, dan memiliki performa tinggi berkat teknologi Skytive
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9603 seconds (0.1#10.140)