Wikipedia Kembangkan Mesin Bahasa untuk Tunanetra

Senin, 14 Maret 2016 - 16:31 WIB
Wikipedia Kembangkan Mesin Bahasa untuk Tunanetra
Wikipedia Kembangkan Mesin Bahasa untuk Tunanetra
A A A
CALIFORNIA - Bagi orang-orang yang tidak memiliki keterbatasan fisik, mengakses internet tentu saja merupakan hal yang sangat mudah. Namun, bagi orang-orang yang memiliki keterbatasan tentu ini merupakan hal yang sangat merepotkan.

Baru-baru ini KTH Royal Institute of Technology asal Swedia mengumumkan bahwa mereka sedang merancang sebuah mesin pidato untuk orang-orang berkebutuhan khusus.

Dilansir dari Ubergizmo, Senin (14/3/2016), pengembangan mesin akan dioptimalkan bersama situs Wikipedia dan diprediksi sebanyak 25% dari basis pengguna mereka akan mendapatkan keuntungan dari fitur ini. Sebab fitur ini akan sangat membantu bagi para pengguna yang memiliki keterbatasan fisik atau tunanetra. Karena kerjasama sama ini dilakukan dengan lembaga asal Swedia, maka tahap pengembangan awal akan difokuskan pada bahasa Swedia.

"Selanjutnya kita akan mengembangkan suara untuk bahasa Inggris dasar, mengingat bahasa Inggris merupakan bahasa yang umum digunakan di seluruh dunia. Kedepannya kita juga akan mengembangkannya ke dalam bahasa Arab dasar dan bahasa-bahasa lainnya," ujar Perwakilan KTH teknologi, Joakim Gustafson.

Wikipedia akan menyediakan suara dengan bahasa Inggris, Swedia, dan Arab pada akhir tahun. Seterusnya pengembangan bahasa akan dilanjutkan untuk 280 bahasa yang saat ini tersedia pada situs Wikipedia.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8566 seconds (0.1#10.140)