Awas, Email Gratisan Rentan Dibobol

Jum'at, 11 Maret 2016 - 16:36 WIB
Awas, Email Gratisan...
Awas, Email Gratisan Rentan Dibobol
A A A
JAKARTA - Aksi peretasan sampai saat ini masih menjadi momok yang sulit untuk teratasi dalam dunia digital. Oleh karena itu, Microsoft Indonesia mengingatkan para pengguna sebaiknya lebih waspada saat melakukan berbagai kegiatan melalui dunia digital. terutama para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam menjalankan bisnisnya. Salah satu celah yang sering dimanfaatkan oleh para hacker adalah melalui penggunaan email "gratisan".

"Pelaku UMKM saat ini masih kurang peduli terhadap penggunaan email gratisan. Masih banyak yang berfikir yang penting bisa berkomunikasi ke supplier atau konsumen saja. Padahal email gratisan itu sangat rentan diserang hacker," ujar Small Medium Business Lead Microsoft Indonesia, Rudy Sumadi, di Jakarta, Jumat (11/3/2016).

Untuk pelaku UMKM, kata Rudy, aksi peretasan email bisa sangat mengancam kelangsungan bisnisnya. Apalagi beberapa tahun belakangan telah banyak laporan akan peretasan terhadap email.

"Setahun terakhir ini banyak email yang dibajak. Costumer seolah menerima email dari supplier untuk membayar sejumlah uang, padahal email tersebut sudah ada di tangan hacker. Tentu saja ini sangat merugikan," tegas Rudy.

Untuk membantu para pelaku UMKM dalam memproteksi email-nya, saat ini Microsoft juga sudah menghadirkan layanan email melalui Office 365 atau Exchange email, sebuah layanan yang sebelumnya hanya bisa dinikmati oleh korporasi besar.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7485 seconds (0.1#10.140)