Gmail Buat Fitur Pengenalan Karakter untuk Cegah Kebocoran Data

Senin, 07 Maret 2016 - 13:32 WIB
Gmail Buat Fitur Pengenalan...
Gmail Buat Fitur Pengenalan Karakter untuk Cegah Kebocoran Data
A A A
CALIFORNIA - Dalam dunia binis, menjaga kerahasian perusahaan adalah hal yang sangat penting. Pasalnya jika kompetitor mengetahui apa yang sedang direncanakan pesaingnya mungkin mereka akan mencoba untuk menjegalnya. Saat ini Googel menawarkan cara untuk mencegah kebocoran melalui email dengan layanan Data Loss Prevention.

Dilansir dari Ubergizmo, Senin (7/3/2016), berdasarkan update terbaru untuk Google Apps, platform Gmail sekarang dapat memindai dokumen dalam email menggunakan pengenalan karakter optik dan mencocokkannya terhadap blacklist admin yang telah disetujui. Hal ini berarti, sebelum email dikirim keluar, maka email akan memeeriksa terlebih dahulu kata-kata tertentu, frase, atau angka.

Semisal nomor jaminan sosial atau nomor kartu kredit terdeteksi, maka email akan menghentikan pengiriman keluar. Hal ini tentu sangat membantu untuk mencegah kebocoran yang disengaja. Bahkan dalam beberapa kasus, dapat digunakan untuk membantu melacak bukti dari karyawan yang mungkin membocorkan informasi ke kompetitor atau untuk kepentingan pribadi secara diam-diam.

Namun sayangnya fitur ini hanya akan tersedia untuk Google Apps berbayar dengan pelanggan Unlimited dan lebih menyasar pada kegiatan bisnis ketimbang akun Gmail individu. Namun jika Anda ingin menjalankan bisnis dan ingin menggunakannya, Anda dapat melihatnya lebih lanjut di Google.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0901 seconds (0.1#10.140)