Kiddle Sebuah Mesin Pencari untuk Anak-anak

Rabu, 02 Maret 2016 - 23:32 WIB
Kiddle Sebuah Mesin Pencari untuk Anak-anak
Kiddle Sebuah Mesin Pencari untuk Anak-anak
A A A
NEW YORK - Semakin canggihnya perkembangan teknologi, semakin khawatir pula bagi anak-anak yang semakin mudah mengakses internet. Namun kini telah hadir Kiddle, sebuah search engine atau mesin pencari yang dikhususkan untuk anak-anak.

Para orang tua yang khawatir dengan konten-konten negatif di internet, untuk membatasi anak ketika berselancar di internet, mesin pencari baru ini sangat aman diakses oleh anak di bawah umur.

Kiddle yang mendapat dukungan dari Google ini merupakan search dengan kemampuan menyaring konten yang tidak pantas untuk anak-anak. Misalnya mensturbasi, lesbian, gay, bunuh diri atau lainnya.

Dengan tampilan desain antar mukanya yang sangat menarik bagi anak-anak, mesin pencari ini menggunakan teknologi Safe Engine milik Google untuk menyaring konten-konten dewasa. Meski memiliki tampilan mirip Google dan menggunakan penyaring milik Google, namun mesin pencari ini bukanlah bagian dari Google.

Informasi yang ditampilkan pada hasil pencarian juga mirip dengan Google, di mana ada pilihan web, gambar, video, dan berita. Meskipun memasukkan kata kunci yang mengandung unsur negatif tidak akan muncul halamannya.

Untuk memperbanyak perbendaharaan kata pihak Kiddle menggundang pengguna untuk mengirimkan kata kunci tambahan. Tujuannya untuk memudahkan pemblokiran. Apalagi saat ini sedang marak dengan isu-isu LGBT.

Seperti diberitakan BBC, Rabu (2/3/2016), pihak Kiddle telah banyak menerima keluhan orang tua dan guru selama tes awal mesin pencari ini. Saat ini pihak kiddle telah melakukan pemblokiran seputar pendidikan seks.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1006 seconds (0.1#10.140)