Indonesia Berpotensi Jadi Pasar Data Center Terbesar di Dunia

Senin, 22 Februari 2016 - 22:55 WIB
Indonesia Berpotensi Jadi Pasar Data Center Terbesar di Dunia
Indonesia Berpotensi Jadi Pasar Data Center Terbesar di Dunia
A A A
JAKARTA - DatacenterDynamics (DCD), pemimpin di bidang penyedia layanan informasi B2B, mengemukakan bahwa Indonesia sebagai salah satu pasar data center masih relatif muda. Tapi berkat besarnya populasi teknologi dan layanan internet di Indonesia, membuatnya menjelma menjadi salah satu pasar data center yang potensial di dunia.

“Data terbaru kami menyebutkan, bahwa data center, layanan outsourcing, dan investasi cloud di Indonesia akan mengalami pertumbuhan hingga menyentuh dua digit. Kondisi ini membuatnya menjadi salah satu pasar dengan pertumbuhan terbesar di dunia,” ujar Vincent Liew, APAC General Manager untuk DCD Group dalam keterangan resminya, Senin (22/2/2016).

Dia mengungkapkan, perusahaan telah meramalkan bahwa industri data center di Indonesia akan terus tumbuh pesat hingga menyentuh angka USD280 juta atau kisaran Rp3 triliunan di 2016.

Peningkatan industri data center di Indonesia tersebut adalah berkat Peraturan Pemerintah (PP) No. 82 Tahun 2012. Berisi tentang penyelenggaraan sistem dan transaksi elektronik.

Hal tersebut tentu akan berakibat permintaan data center dalam skala besar, serta menimbulkan tantangan berupa peningkatan biaya dan keterbatasan tenaga kerja ahli kedepannya. Belum lagi dengan meningkatnya penggunaan internet dan perusahaan penyedia layanan web.

“Akibatnya, kini semakin banyak perusahaan mempertimbangkan outsourcing dalam rangka mengatasi tantangan. Termasuk tantangan capital expenditure (Capex), waktu, keterbatasan tenaga kerja ahli, dan yang terpenting untuk tetap fokus pada inti bisnis mereka,” ujar Vincent.

Dia mengungkapkan, tingkat kepercayaan industri terhadap outsourcing sendiri, kini sedang meningkat berkat kisah sukses yang datang dari perusahaan pengadopsi outsourcing.

Kondisi tersebut telah mendorong menjamurnya penyedia data center dan cloud baru, termasuk pengembangan yang dilakukan TelkomSigma dan Multipolar dalam beberapa tahun terakhir. Dalam rangka membantu industri memecahkan segala problematika seperti yang telah dibahas sebelumnya, operator global terkemuka seperti NTT Communications kini mulai memanfaatkan kesempatan tersebut dengan melakukan sinergi dengan sejumlah mitra lokal.

“Kami bermitra dengan NTT Indonesia Nexcenter untuk menggelar forum bagi industri data center. Para profesional senior juga bisa mendapatkan wawasan baru seputar data center dari operator data center terbaik di wilayah Asia,” pungkas Vincent.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7124 seconds (0.1#10.140)