Ini Startup Arisan Berbasis Usaha Mikro

Jum'at, 19 Februari 2016 - 15:38 WIB
Ini Startup Arisan Berbasis Usaha Mikro
Ini Startup Arisan Berbasis Usaha Mikro
A A A
JAKARTA - Arisan mungkin menjadi kata yang sudah biasa didengar masyarakat Indonesia. Program ini kemudian dikembangkan PT Ruma (Rekan Usaha Mikro Anda), menjadi sebuah sistem pemberdayaan ekonomi mikro yang lebih modern.

Program tersebut berjuluk Arisan Mapan dengan menggandeng kelompok arisan yang tersebar di Jawa dan Bali. "Hingga kini kami memilimi 70.000 anggota yang tersebar," ungkap Public Relations Manager PT Ruma, Katarina Duhita P, saat berkunjung ke Gedung Sindo, Jakarta, Jumat (19/2/2016).

Melalui Arisan Mapan diharapkan dapat menaikan level ekonomi kerakyatan, yang mengusung semangat gotong royong dengan memanfaatkan teknologi, menjadi sebuah agen yang membantu masyarakat, seperti para pengguna internet yang menggunakan layanan belanja barang berkualitas via online.

"Arisan Mapan membantu masyarakat mendapatkan akses memiliki barang berkualitas dengan harga terjangkau. Di arisan ini juga mengedepankan sistem gotong royong terhadap sesama," ujarnya.

Ibu-ibu dan semua wanita di Indonesia menjadi target dari startup ini. "Setiap Ketua Arisan Mapan bisa memiliki minimal 5 anggota dan maksimal 15 anggota," kata Katarina.

Dia menambahkan, meskipun berorientasi dengan misi sosial, setiap ketua arisan akan mendapatkan profit 10% dari setiap barang-barang umum dan 5% untuk barang-barang elektronik.

Cara bergabung dalam Arisan Mapan sangat mudah, cukup kumpulkan anggota Arisan lalu tentukan barang yang ingin dibeli serta jumlah dan waktu setoran. Setelah itu, daftarkan kelompok Arisan dan mulai setor uangnya setiap periode arisan. Informasi pemenang Arisan akan dikirim melalui SMS dan barangpun siap dikirim ke Ketua Arisan.

PT Ruma sendiri telah berdiri sejak tahun 2009, dan saat ini telah berkembang pesat dengan adanya 50 cabang dan 30.000 agen yang tersebar di pulau Jawa dan Bali. merupakan perusahaan berbasis teknologi pada pengusaha mikro. Perusahaan ini memiliki misi sosial yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat berpenghasilan rendah agar mempunyai daya saing.

Untuk lebih meningkatkan daya saing, PT Ruma berencana untuk meluncurkan sebuah aplikasi. Sayang, perusahaan masih menutup rapat keran informasi terkait hal ini. "Tunggu saja dalam waktu dekat," pungkas Katarina.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3647 seconds (0.1#10.140)