Penjahat Cyber Mulai Serang Perangkat Mobile

Kamis, 11 Februari 2016 - 22:20 WIB
Penjahat Cyber Mulai Serang Perangkat Mobile
Penjahat Cyber Mulai Serang Perangkat Mobile
A A A
JAKARTA - Pesatnya pertumbuhan perangkat mobile, secara tidak langsung membuat para penjahat cyber turut beralih menjalankan aksinya melalui smartphone. Hal ini didorong dengan semakin banyaknya para pengguna mobile yang melakukan berbagai hal melalui perangkatnya.

Dalam hal ini, para penjahat cyber bekerja dengan cara membuat trojan enkripsi mobile berkedeok file yang berisi update untuk Flash Player. Setelah terinfeksi, malware akan mengenkripsi gambar, dokumen dan file video yang tersimpan pada perangkat dengan mengirimkan pesan pada pengguna untuk membayar sejumlah uang agar file dapat didekripsi.

"Peningkatan penggunaan perangkat mobile, membuat penggunanya bisa melakukan berbagai hal melalui perangkatnya. Mulai dari bertukar pesan dan data ataupun akses dan kontrol rekening bank. Tanpa kita sadari ternyata hal ini merupakan celah bagi para penjahat cyber untuk mengekspoitasi targetnya," ujar Spam Analysis Expert Kaspersky Lab, Daria Loseva, Kamis (11/2/2016).

Lebih lanjut, dia menambahkan, hal inilah yang membuat malware ponsel dan spam penipuan saat ini semakin canggih. Tidak hanya itu, hal ini juga disebabkan adanya aplikasi yang dapat digunakan oleh para penjahat cyber baik secara langsung melalui pengiriman spam berbahaya dan tidak langsung melalui phishing email sehingga mereka dapat mengakses data para calon korbannya.

Hal ini perlu diperingatkan sedini mungkin, sebab pertumbuhan penjahat cyber yang menyerang melalui perangkat mobile akan berbanding lurus dengan pertumbuhan perangkat mobile itu sendiri. Jadi alangkah baiknya para pengguna perangkat mobile lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi apapun melalui perangakat mobile.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1252 seconds (0.1#10.140)