Ini Virus Paling Berbahaya di 2015

Kamis, 04 Februari 2016 - 03:46 WIB
Ini Virus Paling Berbahaya...
Ini Virus Paling Berbahaya di 2015
A A A
JAKARTA - Sampai saat ini, gangguan virus terhadap perangkat smartphone masih belum dapat terhindarkan. Bukan hanya dapat menggangu kinerja perangkat itu sendiri, bahkan keberadaan virus dapat membuat perangkat mati total.

Lalu virus apa saja yang selama ini kerap menggangu perangkat smartphone khususnya Android. Baru-baru ini, Cheetah Mobile sebagai penyedia layanan mobile utility, berkomitmen memberikan pengalaman internet selular yang lebih aman, membeberkan hasil virus apa saja yang paling menganggu perangkat Android sepanjang 2015.

Dalam keterangan tertulisnya kepada Sindonews, Rabu (3/2/2016), virus yang paling keras kepala adalah Ghost Push. Pasalnya, pada Oktober 2015 Cheetah Mobile Security Lab memperingatkan para pengguna Android tentang penyebaran beberapa tipe Ghost Push yang telah menginfeksi lebih dari 900.000 pengguna Android di 116 negara.

Virus ini dapat mengambil kendali penuh atas ponsel pintar dan tablet, dan hampir tidak mungkin dimusnahkan. Virus ini juga akan memasang aplikasi tanpa izin penggunanya demi mendapatkan ongkos promosi dari pengiklan.

Sedangkan untuk virus Paling Jahat disandang oleh Virus Trojan yang sudah terpasang di perangkat (pre-installed Trojan). Para peneliti menemukan, Trojan bernama Cloudsota sudah terpasang di tablet Android tertentu. Lebih dari 50 negara telah terinfeksi oleh virus Trojan ini.

Selanjutnya, yang paling menarik adalah virus Trojan “Gambar Pesta” (Party Pics Trojan). Dimana cara kerja virus ini para pengguna akan menerima pesan teks dari nomor tak dikenal yang menulis “Coba lihat foto-foto pestamu, Semua temanmu ada disana” yang disertakan link dibawahnya. Setelah di klik, pengguna tidak akan melihat foto atau gambar, tapi telepon selular mereka akan mendapatkan virus Trojan.

Sedangkan untuk 2016, Cheetah Mobile memprediksi, secara global metode pembayaran melalui ponsel (mobile payment) akan lebih sering diserang oleh virus.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1036 seconds (0.1#10.140)