Cara Menangkal Serangan Cyber Crime

Selasa, 22 September 2015 - 11:59 WIB
Cara Menangkal Serangan Cyber Crime
Cara Menangkal Serangan Cyber Crime
A A A
JAKARTA - Tingginya tingkat serangan kejahatan cyber akhir-akhir ini, salah satu disebabkan karena masih awamnya pengguna internet terhadap cara menghindari diri dari virus. Sebetulnya ada beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mengatasi serangan para hacker itu.

"Hal yang paling mudah kita lakukan adalah cukup dengan memperbarui antivirus yang kita miliki atau bahkan firewall dalam komputer secara rutin. Karena kejahatan cyber biasanya memasukan virus atau malware ke dalam komputer", terang Charles Lim, selaku Senior Industry Analyst ICT Practice Asia Pacific Senior Industry Analyst Cyber Security, dalam acara perkenalan TRACE di Locanda Senayan, Senin (21/9/2015).

Dia menambahkan, antivirus atau firewall yang kini tersedia di Indonesia sebenarnya cukup efektif menangkal serangan di dunia virtual tersebut. Sayang, masyarakat kita masih enggan memperbarui sistem keamanan mereka.

"Inilah yang membuat Indonesia rentan terhadap serangan penjahat cyber bahkan hingga ke sektor Industri," tegas Charles.

Dia menerangkan, pembaruan sistem dari vendor keamanan kerap disertai dengan penyetelan ulang sistem keamanan itu sendiri. Pengguna biasanya tidak mau repot untuk menyetel ulang sistem keamanan yang telah diperbarui.

Charles melihat, situasi seperti ini sebetulnya tidak hanya terjadi di Indonesia saja, tapi juga negara maju Singapura. "Saat ini industri-industri di Singapura kerap menyewa professional dari luar perusahaan, untuk memastikan keamanan sistem mereka, walaupun harus mengeluarkan biaya yang lebih mahal. Sehingga mereka tidak perlu repot lagi untuk men-setting ulang sistem keamanan mereka setelah diperbarui", ujarnya.

Lalu, bagaimana jika pemerintah mengimplementasikan hal yang sama, untuk menjaga keamanan dunia maya dari serangan para penjahat cyber.

Baca:
Pelindung Baru dari Ancaman Hacker
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.2897 seconds (0.1#10.140)