Kantongi Smartphone Tanpa Pelindung Bikin Mandul

Selasa, 04 Agustus 2015 - 13:58 WIB
Kantongi Smartphone Tanpa Pelindung Bikin Mandul
Kantongi Smartphone Tanpa Pelindung Bikin Mandul
A A A
LONDON - Smartphone atau Telepon pintar yang Anda kantongi tanpa pelindung ponsel bisa jadi ancaman serius bagi kelangsungan eksistensi keturunan manusia. Pasalnya menyimpan smartphone di saku celana, bisa menimbulkan masalah pada kesehatan yang cukup serius yakni kemandulan.

Dr Harry Gardiner peneliti asal University of Exeter Inggris bersama sejumlah rekannya melakukan studi terkait peran smartphone terhadap kemandulan seorang pria. Mereka menyimpulkan, dari 1.492 sampel sperma yang digunakan,

Terbukti bahwa paparan radiasi elektromagnetik bertenaga rendah dari smartphone mampu menurunkan penetrasi sperma hingga 8%, dan ketahanan hidup sperma sebesar 9%.

Menurut laporan yang dilansir Daily, kesimpulan penelitian yang dilakukan MATHEWS senada dengan apa yang telah diungkapkan oleh beberapa studi yang telah lebih dulu dilakukan.

"Namun jika tak secara langsung namun menggunakan pelindung ponsel yang terbuat dari kulit, maka tidak perlu khawatir tentang risiko kesuburan," tutur Harry seperti dilansir Daily, Selasa (4/8).

Menurutnya hasil penelitian telah menunjukkan potensi berbahaya medan magnet terhadap kualitas sperma seorang pria. Tidak hanya menyebabkan kemandulan saja, paparan radiasi medan magnet juga mampu merusak kestabilan DNA.

Menurut Dr Harry Gardiner, menaruh Smartphone didalam saku celana juga berbahaya karena suhu pada kulit dapat meningkat sebesar 2,3 derajat celcius. Karena peningkatan suhu pada kulit di area organ pital pria dinilai berpotensi memicu gangguan produksi sperma.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0100 seconds (0.1#10.140)