Pivotal Bantu Perbankan Indonesia Masuki Digital Banking

Jum'at, 05 Juni 2015 - 14:42 WIB
Pivotal Bantu Perbankan Indonesia Masuki Digital Banking
Pivotal Bantu Perbankan Indonesia Masuki Digital Banking
A A A
JAKARTA - Pivotal merupakan perusahaan konsultan pengembangan software membantu perbankan di Indonesia, memasuki era digital banking.

"Kami siap membantu mereka (perusahaan-perusahaan) yang memang memiliki keinginan dan membutuhkan bantuan untuk masuk ke dunia digital banking," ucap Director Head of Product Strategy Pivotal, Sean Lee saat wawancara terbatas dengan media di Jakarta, Kamis (4/6/2015).

Dia melihat, para petinggi beberapa bank besar di Indonesia tertarik untuk mengetahui apa yang dibutuhkan dan bagaimana menjalankan digital banking. Pada dasarnya perbankan di Indonesia terbagi menjadi dua.

Ada yang ingin berusaha mengerti para pelanggannya dengan menganalisa data-data pelanggan. Baik dari setiap transaksi yang dilakukan dan sosial media.

Big data yang ada, dapat digunakan untuk memperoleh pengertian pelanggan, mengatur, menciptakan poin-poin dalam mempromosikan berbagai produk khususnya di area perbankan. Big data ini juga bisa digunakan untuk mengetahui bagaimana tingkah laku para pelanggan.

Selain itu, perbankan di Indonesia juga ada yang sudah mengenal konsep cloud computing. "Mereka sudah mengenal dunia cloud, jadi tinggal cara pengembangan, baik di cloud private atau pun data center. Disini mereka meminta saran dan masukan Pivotal," ungkap Lee.

Di kesempatan yang sama, Sales Director Pivotal, Natalina Damayanthi mengungkapkan, industri perbankan itu menciptakan data dari internal yang sifatnya masih terstruktur. "Melalui teknologi, semua data-data dianalisa untuk mengambil keputusan," pungkasnya.

Sebagai informasi, Indonesia merupakan salah satu negara dengan perkembangan teknologi yang signifikan. Menurut data IDC pada 2013, Indonesia lebih dominan dengan teknologi online dibandingkan mobile. Tapi setahun kemudian menjadi seimbang.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.4540 seconds (0.1#10.140)