Ini Seputar Android M

Jum'at, 29 Mei 2015 - 15:03 WIB
Ini Seputar Android M
Ini Seputar Android M
A A A
MOUNTAIN VIEW - Google akan menggelar acara rutin tahunan I/O yang akan berlangsung dalam hitungan hari. Pecinta gadget (Geeks) dari seluruh dunia akan segera berkumpul untuk teknologi terbari dari Google, dan salah satu yang dinanti adalah kehadiran Android M.

Dikutip dari Phonearena, Jumat (29/5/2015), sudah menjadi sebuah tradisi Google yang menamai platform Android dengan nama permen dan kue, seperti Android 1.5 yang diberinama Cupcake, Donut, Lollipop. Jika melihat urutan nama sesuai abjad, tidak salah jika banyak asumsi berkembang jika Android berikutnya diawali dengan huruf M.

Spekulasi berkembang, bisa jadi Muffin atau Marshmallow atau M&M. Google memilih siapa merek permen terkenal yang akan digandeng, seperti Android 4.4. KitKat.

Dikabarkan, Android mendatang akan bersandi Macadamia Nut Cookie. Nama resminya, kemungkinan besar akan berbeda.

Desain materi

Dalam hal fitur, Android M merupakan upgrade dari Lollipop, namun bukan sebagai salah satu revolusioner. Artinya, fokus bisa pada peningkatan fitur yang ada, bukannya menerapkan yang baru.

Lalu ada beberap hal yang tidak berubah, seperti tampilan dan nuansa antarmuka pengguna Android. Tweak kecil di sana-sini pasti datang, tapi secara keseluruhan, Android UI diharapkan akan dibangun di atas prinsip-prinsip Desain Materi yang ditanamkan pada Android 5.0 Lollipop.

Dengan kata lain, ikon akan lebih datar, bayangan di bawah objek, pergeseran transisi, dan pendekatan minimalis untuk desain grafis dalam versi utama Android berikutnya.

Lebih berinteraksi

Bayangkan jika bisa berinteraksi dengan aplikasi Android menggunakan suara. Nah, jika rumor yang bisa dipercaya, hal ini kemungkinan akan menjadi fitur di Android M. Sehingga pengguna akan menggunakan perangkat tanpa harus menggenggamnya.

Dikabarkan, fitur Android M lain disebut sebagai Nearby. Diharapkan dengan fitur ini dapat menyederhanakan penemuan dan komunikasi dengan pengguna Android lainnya.

Android M diharapkan dapat membawa perubahan pemberitahuan dan kontrol volume sistem UI. Sayang, belum ada hal rinci terkait hal ini.

Kinerja dan perbaikan UI

Kabarnya, Android M tidak akan menjadi peluncuran Android besar-besaran, jika tidak meningkatkan kinerja platform secara keseluruhan. Di antara perangkat tambahan, diharapkan akan ada optimasi dalam manajemen RAM.

Selanjutnya, Android M kemungkinan melakukan perbaikan waktu siaga, dengan mengurangi aplikasi wake-ups dan aktivitas saat perangkat sedang tidur.

Android M user interface dikabarkan memperkenalkan beberapa fitur dengan dukungan multi-window dan balasan cepat terhadap pesan masuk. Sehingga memungkinkan aplikasi dijalankan berdampingan, dan telah tersedia pada beberapa produsen UI.

Balasan cepat telah menjadi bagian dari iOS sejak rilis versi 8. Jika pendekatan Android M mengikuti prinsip yang sama, maka pesan teks cepat akan kembali langsung dari panel notifikasi.

Peningkatan keamanan dan privasi

Belum lama ini, produsen smartphone terkenal menempatkan scanner sidik jari pada ponsel andalannya. Kemudian scanner sidik jari menjadi tren, dan muncul pada smartphone premium, termasuk ponsel berbasis Android seperti Samsung Galaxy S5, Galaxy Note 4, dan Galaxy Alpha.

Oleh karena itu, rumor menunjukkan Android M akan memiliki kemampuan scanner sidik jari. Kemudian memungkinkan perangkat terintegrasi dengan sidik jari dalam aplikasi dengan mudah, tanpa menggunakan perangkat tambahan.

Selain itu, log in pada perangkat multi-user dengan scan sidik jari tampak seperti solusi yang nyaman. Seperti dalam sebuah catatan terakhir, yang mengungkap Android M akan menjadi versi perusahaan paling ramah dibandingkan dengan OS, sampai saat ini.

Rumor mengatakan bahwa, Android M akan memungkinkan pengguna mengedit izin aplikasi. Dengan kata lain, jika Anda tidak merasa sesuai dengan ketentuan aplikasi tersebut, pengguna dapat menyampaikannnya. Kemudian baca informasi akun Google Anda untuk melihat galeri foto, Anda kemudian dapat menonaktifkan akses perangkat lunak untuk data tersebut.

Android Pay

Google sempat menegaskan bahwa telah mengerjakan sebuah kerangka kerja pembayaran mobile baru, Android Pay. Ini tidak harus dilihat secara keseluruhan baru sistem pembayaran mobile, setidaknya tidak secara teknis. Sebaliknya, Android Pay dikembangkan menjadi lapisan yang memungkinkan perangkat dan perusahaan dengan mudah mengintegrasikan metode pembayaran yang aman di aplikasi mereka.

Pada awalnya, NFC akan menjadi komunikasi utama media yang digunakan Android Pay. Data biometrik juga didukung sesuai waktunya.

Aplikasi Foto baru

Sebuah aplikasi foto baru akan diumumkan bersama Android M. Layar dari aplikasi baru diperoleh dari Police Android yang memamerkan fungsi perangkat lunak dan UI.

Seperti sebelumnya, pengguna dapat membuat gambar cadangan mereka ke awan. Tapi kali ini gambar tidak terikat dengan akun pengguna Google+.

Selanjutnya, Assistant merupakan nama sebuah fitur baru di aplikasi Foto. Tujuannya adalah memudahkan seseorang membuat film, cerita, animasi dan kolase dari foto dan video mereka.

Tanggal peluncuran Android M


Spekulasi bermunculan, Android M akan ditampilkan perdana di ajang Google I/O beberapa hari ke depan. Tidak salah jika diprediksi pembangunan awal akan tersedia tak lama setelah konferensi.

Tapi untuk peluncuran sesungguhnya yang bisa digunakan oleh publik luas, bisa makan berbulan-bulan. Misalnya Lollipop, dulu pada Juni 2014 diperkenalkan, tapi peluncuran resminya 5 bulan kemudian.

Diharapkan, perangkat Nexus dan Google Play Edition akan menerima update Android M pertama. Kemudian baru diikuti oleh smartphone dan tablet andalan Samsung, LG, Sony, HTC, dan Motorola.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1655 seconds (0.1#10.140)