Perang Dua Smartphone China

Selasa, 19 Mei 2015 - 10:13 WIB
Perang Dua Smartphone China
Perang Dua Smartphone China
A A A
BEIJING - Maraknya ponsel China masuk ke pasar budget smartphone, membuat para produsen berlomba-lomba menyajikan berbagai kelebihan menarik minat pembeli. Meizu dan Xiaomi merupakan produsen besar asal China yang kini tengah naik daun dan bersaing merebut pangsa terbesar.

Dilansir dari Ibtimes, Selasa (19/5/2015), Meizu dengan M1 Note dan Xiaomi dengan Mi 4i masing-masing memiliki keunggulan. Berikut perbandingan kekuatan kedua smartphone tersebut:

Desain

Xiaomi berbentuk persegi panjang yang kompak dengan ujung bulat dan dibalut casing polikarbonat di bagian belakang. Tombol volume dan power terbuat dari baja, ditempatkan dalam posisi terjangkau. Handset ini memiliki ketebalan 7.8 mm dan desain desain matte lembut sehingga terasa nyaman di tangan.

Meizu M1 Note memiliki desain tak jauh beda dalam hal bahan yang digunakan. Dia memiliki finishing polikarbonat untuk memberikan nuansa lembut dan nyaman di tangan. Kedua smartphone tersebut memiliki desain yang identik dengan Apple iPhone 5C.

Display

Xiaomi Mi 4i layar 5 inci Full HD dengan resolusi 1.920 x 1.080 piksel dan 441ppi. Handset juga dilengkapi beberapa teknologi baru, seperti layar Sunlight dan menawarkan sudut pandang 178-derajat.

Meizu M1 Note memiliki layar sedikit lebih besar, 5,5 inci dengan resolusi yang sama tetapi kepadatan piksel yang lebih rendah, yakni 401ppi, yang disebabkan oleh peningkatan ukuran layar. Kedua ponsel dilindungi oleh Gorilla Glass 3.

Prosesor


Kedua ponsel memiliki prosesor berbeda. Xiaomi Mi 4i didukung kelas 64-bit berbasis Snapdragon 615 SoC Octa-core dengan H.265/High Efficiency Video Coding (HEVC) untuk operasi lebih cepat. Meskipun Meizu M1 Note menggunakan chipset 64-bit yang sama, pada MediaTek MT6752 dengan prosesor octa-core Cortex A53.

Di atas kertas, kedua prosesor tampaknya memiliki nilai yang sama, tetapi hasil pembandingan akan melukis gambaran lebih jelas.

RAM & Penyimpanan

Kedua smartphone memiliki fitur RAM 2GB LPDDR3, sementara Meizu M1 Note mengambil langkah maju dengan menawarkan ruang 32GB dibandingkan dengan memori 16GB milik Xiaomi Mi 4i. Kurangnya slot kartu microSD membuat kemampuan kedua ponsel terbatas. Jadi penting memilih handset yang tepat berdasarkan kebutuhan Anda untuk menyimpan data.

Kamera

Tidak banyak perbedaan di bagian kamera. Xiaomi Mi 4i dilengkapi dengan kamera utama 13MP dengan f/2.0 aperture dan dual-LED flash. Bagian depan kamera di kedua ponsel ini masing-masing dilengkapi dengan sensor 5MP.

Meizu M1 Note memiliki sensor 13MP di bagian belakang dengan f/2.2 aperture dan dual-LED flash.

Baterai

Kedua ponsel memiliki baterai yang hampir sama. Meizu M1 Note memiliki kapasitas sedikit lebih besar, yakni 3.140mAh. Sementara Xiaomi Mi 4i dengan 3.120mAh. Perbedaannya hampir tidak dapat terlihat karena kedua ponsel memiliki spesifikasi yang hampir sama.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9264 seconds (0.1#10.140)